Selasa, 26 Juli 2011

lmuwan Bikin Aroma Kaus Kaki Paling Bau untuk Bunuh Nyamuk Malaria

 http://l1.yimg.com/a/i/sea/id/09/392thinkstock_nyamuk.jpg

Para peneliti di Tanzania mereproduksi campuran kimia berbau sama dengan bau kaus kaki bau di sebuah pendekatan baru yang inovatif untuk memerangi penyebaran malaria di negara ini.

Tim dari Ifakara Health Institute Tanzania juga mengembangkan serum ampuh - mirip dengan bau kaki manusia - untuk memancing dan membunuh nyamuk. Sasaran mereka adalah nyamuk-nyamuk yang dapat membawa kuman penyebab malaria dan penyakit lainnya.

Bau ini empat kali lebih kuat dari bau alami manusia. Bau ini dipancarkan dalam sebuah alat yang disebut "kotak pendaratan nyamuk", dimana setiap nyamuk yang hinggap dalam kotak itu dipastikan mati.
"Tujuannya adalah untuk menghilangkan malaria," kata seorang peneliti, Fredros Okumu, yang mengembangkan teknologi ini. "Kami akan melakukan hal ini untuk mengatasi penularan penyakit di luar rumah."

Kotak dengan bau apek sintetis itu ditaruk di beberapa titik. Hawa yang keluar dari kotak itu kemudian disebarkan dengan menggunakan kipas bertenaga surya. Begitu di dalam, serangga terperangkap dan menghirup racun hingga mati.

"Kami tahu nyamuk tidak melihat orang, mereka mencium bau mereka," Okumu berkata. "Zat yang keluar berbarengan dengan keringat kita menjadi sinyal bagi nyamuk untuk memburu mangsanya."

Namun, jangan coba-coba mampir ke laboratorium Okumu. "Jika Anda datang ke lab kami saat penelitian sedang dilakukan, Anda akan berpikir bahwa seseorang baru saja datang dari sebuah lapangan sepak bola," dia menceritakan sambil terkekeh.

Okumu, yang saat menyelesaikan PhD dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, di Inggris, mengembangkan kotak pendaratan nyamuk selama dua tahun ke depan, berkat hibah bersama  775 ribu dari Bill dan Melinda Gates Foundation dan  organisasi nirlaba Grand Challenges asal Kanada

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More