Selasa, 12 Juni 2012

7 Pertanyaan yang sering muncul dalam diet


7 Pertanyaan yang sering muncul dalam diet

Pertanyaan seperti "Apakah makanan ini boleh dimakan? Jika iya, berapa jumlah pastinya untuk dikonsumsi?" mungkin sering Anda lontarkan ketika berdiet. Namun apakah Anda selalu mendapat jawaban yang pasti? Jika belum, simak tujuh pertanyaan beserta jawaban yang paling sering muncul dalam diet seperti yang dilansir dari Health Me Up (14/05) berikut ini.
Berapa banyak garam yang boleh dikonsumsi?
Rata-rata, setiap orang membutuhkan 2300-2600 mg atau satu sendok teh garam setiap hari. Kekurangan garam berbahaya bagi kelenjar gondok atau tiroid, namun kebanyakan garam juga mampu memicu tekanan darah tinggi dan masalah kolesterol.

Apakah mi gandum menyehatkan?
Ahli nutrisi Gurmit Gambhir menyatakan bahwa mi gandum memang menyehatkan karena memiliki lebih banyak serat dan nutrisi. Namun jangan terlalu sering mengonsumsi mi gandum jika produk tersebut adalah makanan kemasan yang mengandung bahan pengawet.

Apakah susu hangat membuat tidur lebih nyenyak?
Ya benar, sebab susu hangat mengandung protein tryptophan yang bersifat membuat tidur lebih nyenyak. Namun susu juga mengandung asam amino yang terkadang berperang dengan tryptophan untuk membuat nyaman tubuh dan otak. Selain susu hangat, sebenarnya ada banyak makanan lain yang bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Bagaimana cara makan buah yang benar?
Pagi hari setelah minum air putih. Kesalahan umum yang sering terjadi adalah menikmati buah setelah mengonsumsi makanan utama, sebab hal ini menganggu sistem pencernaan Anda.

Apakah sebaiknya aku makan brown rice?
Brown rice memang lebih menyehatkan dan bernutrisi tinggi daripada nasi putih biasa. Penderita diabetes tipe 2 pun disarankan untuk mengonsumsi brown rice. Diet juga akan semakin mudah berhasil jika Anda mulai mengubah menu nasi menjadi brown rice.

Apakah mentega tidak sehat?
Ahli nutrisi Naini Setalvad menyebutkan mentega memang mengandung lemak jenuh yang mengganggu kesehatan. Jika kesulitan meninggalkan mentega, sebaiknya Anda mengimbanginya dengan konsumsi makanan lemak tak jenuh, misalnya minyak zaitun.

Apakah madu dan jeruk nipis mampu menurunkan berat badan?
Campuran madu dan jeruk nipis memang bisa membantu Anda cepat kurus, namun Anda tetap harus mengimbanginya dengan olahraga teratur dan pola makan hidup sehat.

Semoga informasi mengenai berbagai pertanyaan yang sering muncul dalam diet tersebut di atas bermanfaat bagi Anda. Stay healthy!

3 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More