Senin, 06 Juni 2011

Rempah-rempah, Lancarkan Darah, Tingkatkan Libido


Rempah-rempah kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Terutama adalah vitamin C dan B kompleks serta kalsium, kalium, natrium, dan fosfor. Salah satu upaya pemanfaatan rempah-rempah secara tradisional adalah dalam bentuk minuman.

Contoh minuman Nusantara yang dapat digolongkan sebagai minuman fungsional adalah wedang jahe, wedang secang, wedang ronde, beras kencur, kunyit asam, sekoteng, bandrek, dan serbat.

Beberapa khasiat minuman yang terbuat dari rempah-rempah adalah: memicu aktivitas antioksidan, hipoglikemik (penurun gula darah pada penderita diabetes), menurunkan tekanan darah (hipotensif), peningkat sistem imun (imunomodulator), antipenggumpalan atau pembekuan darah, antialergi, antikanker, berefek pada sistem hormon, serta berefek pada perilaku dan kecerdasan.

Komponen lain bersifat afrosidiak (menimbulkan rangsangan dan kekuatan seksual), astringen (mengatur aliran darah melalui kontraksi pembuluh darah), diuretik (melancarkan pembuangan air seni), ekspektoran (melancarkan pembuangan dahak).

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More