Rabu, 07 Desember 2011

Apakah Anda sudah sarapan pagi dengan benar ???


Apakah Anda sering lelah, cepat ngantuk, stress, loyo dan bermasalah dengan berat badan? Semua itu berawal dari SALAH dalam memilih sarapan. Sebagian besar orang makan berdasarkan keinginan mata mereka. Atau dengan kata lain, mata mereka menentukan apakah mereka perlu makan dan makanan apa yang seharusnya dimakan. Padahal kenyataannya, mata sama sekali tidak ada hubungannya dengan makanan. Tapi Pankreas lah yang mengatur semuanya! Pankreas adalah organ di badan kita yang memproduksi Gastric Juice dan
Insulin.

Mengapa Anda Perlu Sarapan Pagi yang Menyehatkan ?

Picture
Jawabannya : Mengapa tidak ?Setelah Anda tidur selama 6-10 jam tanpa terisi makanan, maka energi tubuh anda akan berada dalam level terendah. Dalam kondisi ini, tubuh dan otak anda memerlukan bahan bakar. Selain itu, ketika tidur, tubuh anda telah mengeluarkan lebih dari 1 liter air melalui pernafasan, keringat dan di pagi hari kita buang air kecil.

Jadi, tubuh anda di pagi hari - bangun dengan keadaan 'KOSONG' dan di waktu yang sama ada 100 trilyun sel di tubuh anda yang bilang begini : "Hey.... kembalikan nutrisi, energi dan air yang sudah kita pakai selama 24 jam terakhir ini !"

Apa yang anda pilih untuk sarapan di pagi hari, menentukan mood anda, performa fisik dan mental, berat badan dan kesehatan Anda untuk jangka waktu yang lama.


Nah, sekarang pertanyaannya :
Apa yang anda berikan ke tubuh anda di pagi hari ?

Ingat - seluruh tubuh kita bangun di pagi hari dengan keadaan 'kosong' dengan level gula darah yang normal. Apa yang kita makan di pagi hari, menentukan level gula darah kita sepanjang hari. Mengapa ?
Karena tubuh kita diatur oleh pankreas, dimana salah satu fungsinya untuk mengatur tekanan gula darah melalui insulin dan juga untuk mengontrol rasa lapar dan kenyang.

Tidak Sarapan

Picture
Ini jauuuh lebih berbahaya. Mengapa ? Karena ketika anda tidak sarapan, gula darah anda akan berada dibawah normal. Anda akan merasakan tingkat energi yang rendah dan kelaparan yang tidak normal.

Ketika Anda makan, anda akan makan gila-gilaan (porsi ekstra) dan ini menyebabkan gula darah anda melonjak dan pankreas anda bekerja ekstra.

Siklus ini (baca : kelaparan) akan terjadi lebih dari 3x dan bahkan sepanjang hari ! Jangan-jangan, ketika Anda membaca web ini, Anda sambil ngemil !!

Dalam beberapa kasus, sering ditemukan orang-orang yang memiliki tekanan darah rendah, sering blackout, vertigo dan pingsan.

 
INI PALING BERBAHAYA, karena sarapan model ini :
No Calorie, No Energy, No Nutrients = KESEHATAN YANG SANGAT BURUK.

Sarapan Berbasis Karbohidrat (Nasi, Roti, Mie, Lontong, Bubur dll)

Picture
Ketika tubuh anda menerima karbohidrat dari model sarapan tersebut, maka karbohidrat itu akan berubah menjadi gula dan terjadi lonjakan gula di tubuh.
Gula yang tidak terpakai oleh tubuh, akan disimpan menjadi cadangan lemak.


Pankreas akan mengeluarkan insulin untuk menurunkan lonjakan gula darah (terjadi dalam 2-3 jam) dan dalam periode ini, akan akan mulai merasakan kelaparan! (10.30 dan 15.30).
Siklus ini akan berulang 2-3 sepanjang hari.
Jangan-jangan, ketika Anda membaca web ini, Anda sambil ngemil !!

Anda akan merasakan : Ngantuk, Pusing, Lapar (ingin ngemil), dan anda pasti NGEMIL !!!

Resiko : Diabetes, Serangan Jantung, Hipertensi & Kelebihan Berat badan.
JENIS SARAPAN INI BERBAHAYA, karena sarapan model ini :HIGH Calorie, HIGH Fat, HIGH Sugar, HIGH Colesterol, Low Nutrients = KESEHATAN YANG SANGAT BURUK.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More