Selasa, 06 Desember 2011

Sepatu Hak Tinggi Dapat Menyebabkan Degenerasi Sendi Dan Osteoarthritis Lutut

Posted by ivantz
Memakai sepatu hak tinggi memberikan suatu gaya tersendiri bagi kebanyakan wanita. Terkadang hal ini juga menjadi tuntutan dari suatu pekerjaan. Tak heran jika kita sering menjumpai berbagai model dan bentuk sepatu hak tinggi yang dijual di pasaran.

Tapi tahukah Anda, bahwa sepatu hak tinggi dapat menyebabkan degenarasi sendi dan osteoarthritis lutut? Hal ini seperti yang telah diungkapkan pada penemuan oleh para periset Kinesiology Lowa State University, mengenakan sepatu hak tinggi untuk waktu yang lama dapat menyebabkan degenarasi sendi dan osteorthritis lutut.

Studi menggunakan 3 jenis hak: hak datar, hak tinggi 2 inch, dan hak tinggi 3,5 inch, dan menyuruh 15 perempuan untuk melakukan uji jalan. Periset mengukur tekanan pada sendi lutut dan gelombang shock yang disebabkan hentakan hak yang bergerak ke atas ketika jalan dengan sepatu hak tinggi, dengan menggunakan sensor, accelerometers dan peralatan laboratorium yang menggunakan kamera untuk menangkap gerakan dan data tekanan.

Para periset menemukan, tinggi hak bisa mengakibatkan kecepatan lebih rendah dan langkah yang lebih pendek. Selain itu, jika hak lebih tinggi, terjadi peningkatan kompresi di dalam lutut. Ini menunjukkan, lama mengenakan dan jalan dengan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan degenarasi sendi dan osteoarthritis lutut.

Berdasarkan informasi ini, mengenakan sepatu hak tinggi membuat pemakai berisiko lebih besar mengembangkan osteoarhritis. Semakin tinggi hak semakin tinggi risiko. Tapi dengan riset seperti ini kita tak bisa memastikan, orang yang mengenakan hak tinggi secara teratur akan mengembangkan arthritis. 

Hasil temuan dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Society of Biomechanics di Brown University, Providence, Amerika.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More