Selasa, 24 Mei 2011

Cara Alami Atasi Rambut Rontok



 
Coba cara ini sebelum tergiur melakukan perawatan mahal di salon.
 
Selain kelebihan berat badan, rambut rontok menjadi masalah serius bagi sebagian wanita. Sebelum tergiur menjajal perawatan mahal di salon, cobalah melakukan terapi alami di rumah untuk mencegah kerontokan rambut.

Anda bisa mencoba solusi alami yang ditawarkan seorang spesialis kesehatan rambut, Dr Ritu Mathur. Walau tak sepenuhnya bisa mencegah rambut rontok, tapi setidaknya bermanfaat mengendalikannya.

Langkah pertama adalah melakukan diet dengan kecukupan gizi seimbang. "Jika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi, rambut Anda akan menjadi lemah, yang menyebabkan rambut rontok," kata Dr Mathur, seperti dikutip dari Idiva.

Ia menganjurkan konsumsi kedelai. Kandungan zat besi dan vitamin E di dalamnya berperan penting untuk hemoglobin, yang membawa oksigen ke kulit kepala. "Rambut Anda tidak dapat tumbuh tanpa Vitamin E dan sirkulasi darah yang lancar ke kulit kulit kepala," katanya.

Langkah kedua, memanjakan rambut. "Memijat kulit kepala selama beberapa menit setiap hari akan menyebabkan stimulasi aliran darah ke kulit kepala," kata Dr Mathur. "Memijat juga dapat mengakibatkan pertumbuhan rambut kecil karena kulit kepala Anda mendapatkan lebih banyak darah."

Pijat kepala dengan minyak kelapa murni yang bermanfaat mengontrol rambut rontok sampai batas tertentu. Minyak lain yang dapat merangsang kulit kepala adalah minyak almond, minyak lavender dan minyak jojoba. "Minyak Jojoba sangat baik karena menggantikan sebum di kulit kepala. Ini juga mengontrol ketombe," katanya.

Menerapkan Aloe Vera untuk kulit kepala merupakan cara lain untuk mengendalikan rambut rontok. "Aloe Vera menyembuhkan kulit kepala dengan menyeimbangkan tingkat pH, memiliki sifat pembersih yang mampu menyapu kotoran di kulit kepala dan membersihkan pori-pori,” ujarnya.

Selain itu, rajin keramas dan melakukan detoksifikasi untuk rambut juga sangat dianjurkan. Pola makan dan gaya hidup yang tak sehat akan menambah racun dalam tubuh Anda. Hal ini dapat menyebabkan rambut rontok. Untuk itu, perlu dilakukan detoksifikasi untuk membersihkan tubuh dan menyehatkan kulit kepala.

"Minum banyak air dan konsumsi vitamin serta mineral pun bermanfaat untuk rambut . Dan rambut merupakan bagian pertama dari tubuh yang bisa dijadikan sinyal kuat jika ada tanda-tanda masalah dalam tubuh,” kata Dr Mathur.

Jika rambut rontok Anda tidak berhenti atau jika Anda kehilangan banyak rambut, konsultasikan segera dengan dokter. "Jika Anda kehilangan lebih dari 100-150 helai rambut setiap hari, bisa jadi karena penyakit," jelas Dr Mathur. (eh)

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More