Sabtu, 28 Januari 2012

5 Kebiasaan Penyebab Tubuh Lemas



5 Kebiasaan Penyebab Tubuh Lemas
 
APAKAH Anda orang yang menjalani rutinitas dengan penuh energi dan sikap positif? Atau sebaliknya, rasanya lemas sekali untuk melangkhankan kaki sebelum makan siang? Jika Anda selalu merasa lemas, itu mungkin disebabkan oleh gaya hidup Anda sendiri. Berikut adalah lima kebiasaan buruk yang bisa membuat Anda lelah, seperti dikutip dariShine.com: 

1. Kecanduan kopi atau soda 
Kafein yang terkandung dalam kopi atau minuman soda favorit memang bisa memuaskan keinginan Anda. Namun, bila terlalu banyak akan meningkatkan kelenjar adrenalin dan pada akhirnya menimbulkan rasa lelah dan gelisah. Jika Anda minum kopi atau soda lebih dari empat cangkir per hari, kini saatnya untuk mengurangi jumlahnya. 

2. Postur tubuh buruk 
Postur tubuh yang buruk adalah penyebab utama dari banyak masalah kesehatan, termasuk kelelahan tingkat tinggi. Dr Adrian Couzner menjelaskan bahwa postur tubuh yang buruk berkontribusi menyebabkan rasa lelah karena mengurangi mobilitas dalam sendi dan otot serta menguras energi Anda. Bila terus-menerus bersikap bungkuk, tubuh harus bekerja lebih keras hanya untuk melakukan gerakan sederhana. Berdirilah tegak dan atur postur tubuh ketika duduk supaya bisa menikmati lebih banyak energi sepanjang hari. 

3. Bernapas tak teratur 
Jangan remehkan aktivitas bernapas. Sebab, pernapasan yang tak tidak teratur akan membatasi jumlah oksigen yang mengalir dari otak dan tubuh. Ini mungkin membuat Anda merasa lelah. Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, aturlah pernapasan Anda. Karena, tidak bergerak selama beberapa jam pada suatu tempat emang akan membuat Anda kurang bernapas dengan baik. Sering-seringlah beristirahat di sela-sela pekerjaan dengan meregangkan tubuh dan berjalan-jalan supaya oksigen mengalir kembali. 

4. Sering ngemil makanan olahan 
Nadine Saubers, penulis The Complete Idiot's Guide to Fighting Fatigue, mengatakan bahwa makan makanan olahan adalah pemicu utama kelelahan. Beberapa contoh makanan olahan yakni daging, nugget, sosis, mi instan, makanan kaleng, cokelat, gorengan, sereal olahan, dan produk susu lemak tinggi. Makanlah makanan yang lebih sehat dengan meluangkan waktu untuk membuatnya. Ini akan mendorong tingkat energi Anda. 

5. Menahan marah 
Tak hanya prima secara fisik, pastikan emosi Anda juga ukut terjaga sebab kebiasaan emosional buruk dapat menyebabkan kelelahan. Menahan rasa marah atau tidak melepaskan stres dengan cara yang sehat bisa menyebabkan ketegangan dalam tubuh dan akhirnya menyurutkan energi yang sangat dibutuhkan. Berikan diri Anda waktu untuk menangani masalah-masalah emosional sehingga tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Ini bisa dilakukan dengan berbicara dengan seseorang yang Anda percaya, menulis surat kepada orang yang membuat Anda marah), atau menghadapi masalah yang telah tersimpan di pikiran Anda akhir-akhir ini. Temukan cara untuk melepaskan emosi tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More