Minggu, 29 Januari 2012

Orang Yang Berisiko Kena Asam Urat


Tipe Orang yang Berisiko Kena Asam Urat - Kesehatan BorneoAda anggapan bahwa asam urat adalah penyakitnya orang kaya, yang hidupnya serba enak sehingga jarang olahraga. Namun ternyata, penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Siapa saja yang rawan terkena asam urat?

Ada beberapa hal yang bisa dikenali sebagai faktor risiko serangan asam urat atau disebut juga gout. Beberapa ciri orang yang punya faktor risiko mengalami serangan gout seperti dikutip EmedTV, Selasa (8/1/2011) adalah sebagai berikut.

1. Pria
Asam urat sering dianggap sebagai penyakitnya pria. Anggapan ini ada benarnya, sebab wanita lebih banyak memproduksi hormon esterogen yang mampu mencegah pembentukan asam urat. Sekitar 98 persen serangan asam urat pada wanita hanya terjadi pada usia menopause.

2. Penggemar seafood
Asam urat merupakan penyakit radang yang dipicu oleh pengkristalan asam urat (uric acid). Asam ini merupakan sisa metabolisme purin, yakni senyawa alami yang terdapat dalam beberapa jenis makanan, misalnya jeroan dan seafood.

3. Peminum alkohol
Selain makanan, jenis minuman tertentu juga kaya akan kandungan purin. Salah satunya adalah minuman keras beralkohol.

4. Pemilik tubuh gemuk
Jaringan tubuh yang lebih banyak pada orang gemuk membuat proses penguraian purin menjadi asam urat lebih cepat sehingga mudah mengalami penumpukan. Jika tidak diimbangi dengan banyak minum air putih, maka risiko untuk terkena penyakit asam urat akan semakin tinggi.

5. Keluarga penderita asam urat
Riwayat keluarga merupakan salah satu faktor risiko serangan asam urat. Sekitar 18 persen penderita asam urat memiliki riwayat penyakit yang sama pada salah satu anggota keluarganya, entah dari orang tua maupun kakek-neneknya.

Beberapa tokoh terkenal juga diketahui punya riwayat asam urat seperti dikutip dari Health.com, Selasa (8/1/2011) adalah sebagai berikut.

1. Harry Kewell (Pemain sepak bola)
Pemain sepak bola asal Australia yang juga pernah bemain di Liga Inggris, Harry Kewell didiagnosis asam urat pada usia 27 tahun. Gara-gara penyakit itulah, ia terpaksa meninggalkan skuad tim nasional Australia yang saat itu sedang berlaga di Piala Dunia 2006.

2. Raja Inggris Henry VIII (Bangsawan)
Henry VIII yang berkuasa di Inggris antara tahun 1491-1547 memiliki perut buncit dan dalam lukisan-lukisannya selalu digambarkan memegang daging dan segelas anggur. Gaya hidup yang tidak sehat inilah yang membuat Henry VIII sering mengalami radang asam urat, lalu melahirkan mitos asam urat sebagai penyakitnya para raja.

3. Benjamin Franklin (Negarawan)
Salah satu founding father atau bapak pendiri Amerika Serikat (AS), Benjamin Franklin adalah seorang penderita asam urat. Negarawan yang juga menemukan konduktor listrik dan kacamata ini beberapa kali absen dalam sidang perumusan deklarasi kemerdekaan AS, gara-gara asam uratnya kambuh.

4. Sir Isaac Newton (Ilmuwan)
Ilmuwan Inggris, Sir Isaac Newton mengalami serangan asam urat di kedua kakinya pada tahun 1725 atau hanya 2 tahun sebelum ia meninggal. Isaac Newton dikenal dengan berbagai temuannya di bidang fisika dan matematika, salah satunya adalah teori gravitasi.

5. Samuel Johnson (Penyair)
Penyair Inggris dari abad ke-18, Samuel Johnson menderita asam urat cukup parah pada tahun 1775 saat usianya telah mencapai 65 tahun. Dalam salah satu literatur ia menggambarkan kondisinya saat kumat begitu parah, namun ia tidak pernah merasakan nyeri di bagian tubuh yang lebih tinggi dari pergelangan kaki.

6. Maurice Cheeks (Mantan pemain basket)
Mantan pemain NBA, Maurice Cheeks didagnosis menderita asam urat pada usia 46 tahun saat menjadi pelatih klub Portland Trail Blazers. Padahal di masa jayanya, Maurice yang kini berusia 55 tahun dikenal sangat bugar sehingga mampu berlaga selama 15 musim di kompetisi basket profesional.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More