Minggu, 29 Januari 2012

Hilangkan Rasa Kantuk

Lawan Kantuk dengan Makan Buah - Kesehatan Ardiz Tarakan BorneoRasa kantuk yang muncul bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti gangguan pada kadar gula darah atau kadar oksigen di tubuh. Kondisi ini ternyata bisa diatasi dengan cara mengonsumsi buah-buahan.

Jika rasa kantuk yang timbul akibat kekurangan energi atau oksigen di dalam tubuh maka akan membuat seseorang sulit berkonsentrasi dan tidak bisa fokus pada pekerjaannya.

Kondisi ini seringkali diakali atau dicegah dengan minum kopi, tapi sebaiknya ganti kebiasaan ini dengan makan buah-buahan yang diketahui bisa lebih bermanfaat bagi tubuh.

Terkadang makanan yang dikonsumsi seseorang bisa mempengaruhi zat kimia yang ada di dalam otak. Bahan kimia ini pada gilirannya akan berdampak terhadap cara berpikir, merasa dan berperilaku.

Jika seseorang mengalami gangguan kadar gula darah atau asupan oksigen ke otak berkurang akan membuatnya merasa lemas, sering menguap, mengantuk dan juga tidak bisa berkonsentrasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menjaga agar kadar gula darah tetap stabil dan asupan oksigen ke otak tetap lancar.

Buah-buahan seperti apel, jeruk, pir dan alpukat bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, sehingga mencegah seseorang merasa lemas seperti dikutip dari nhs.uk, Rabu (23/3/2011).

Sedangkan buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi diketahui bisa mencegah tubuh mengalami dehidrasi yang dapat menjaga asupan oksigen ke otak agar tidak berkurang sehingga seseorang tidak merasa kantuk.

Selain itu buah apel diketahui mengandung kadar glukosa yang bisa memberikan energi ke otak dan membuat orang tetap terjaga. Selain mengandung glukosa yang menghasilkan energi, apel juga mengandung nutrisi lainnya seperti karbohidrat, serat yang baik untuk tubuh, kalsium, fosfor, zat besi untuk mencegah anemia serta beberapa vitamin.

Untuk itu tak ada salahnya mengganti minuman berkafein dengan buah-buahan untuk menjaga agar tubuh tidak kekurangan energi dan tetap bisa berkonsentrasi. Hal ini tentu saja akan lebih bermanfaat bagi tubuh.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More