Sabtu, 28 Januari 2012

Bahaya Gigi Berlubang


    apakah anda sangat suka makan yang manis..?suka minum yang manis, suka jajan yan manis….? Jika iya maka anda harus sedikit bisa menahan rasa ingin anda terhadap manis, Karena berdasarkan penelitian, bahwa makanan yang manis merupakan faktor terbesar yang menyebabkan gigi berlubang. Dan perlu anda tahu bahwa gigi belubang dapat menimbulkan banyak penyakit baik itu yang ringan sampai penyakit yang akut ( bisa menimbulkan kematian ).
    ketika anda mengkonsumsi makanan manis, maka kandungan gula pada makanan itu akan menempel pada kerak gigi dan jelas akan menimbulkan bibit gigi berlubang ( ini terjadi dalam kurun waktu 2 menit ). Jadi bagi anda para penggila permen, coklat , dan semua makanan yang manis sebaiknya anda dengan seksamam membaca artikel ini. Karena percaya atau tidak gigi berlubang mempunyai akibat yang fatal jika kita tidak peduli.
    saat gigi berlubang maka didalamnya ada infeksi terhadap gigi. apabila tida ditambal segera maka akan mengakibatkan infeksi yang semakin dalam terhadap gigi itu, lalu menjalar kedalam rongga syaraf dan menyebabkan timbulnya abses diujung akar gigi. Abses gigi adalah kumpulan nanah YANG DIAKIBATKAN dari infeksi yang terjadi pada rongga syaraf gigi yang rasa sakitnya sangat luar biasa. Jika masih terus terjadi infeksi pada rongga syaraf gigi maka gigi berlubang akan mengakibatkan beberapa penyakit diantaranya :
  • tanggalnya gigi yang berlubang tadi
  • mediastinitis ( Peradangan pada dada )
  • sepsis ( peradangan di seluruh tubuh akibat infeksi )
  • facial cellulitis, Ludwigs angina ( penyebaran infeksi kedalam jaringanlunak misalnya jantung, hati dan lainya )
  • osteomyelitisof the jaw ( Penyebaran infeksi kedalam tulang rahang gigi )
  • penyebaran lainya kan mengakibatkan abses otak ( infeksi pada otak manusia )
  • endocarditis ( peradangan yang terjadi pada lapisan jantung, otot jantung dan katup jantung  )
  • pnemonia ( radang paru aru )
Jika di bedah lebih lanjut akan ada banyak lagi efek yang sangat berbahaya sari gigi berlubang. Jadi untuk kita yang lebih ingin sehat silakan lebih diatur pola makan dan cara konsumsi makanan kita. Artikel ini tidak melarang anda untuk mengkonsumsi makanan manis namun saya menyarankan untuk mengatur pola makan anda.
Ada beberapa tip agar anda tetap bisa mengkonsumsi makanan manis tanpa harus khawatir akan mengakibatkan gigi berlubang. silakan ikuti langkah sederhana ini :

1. Usahakan makan atau minum dengan kadar  yang tidak terlalu manis.
usahakan anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang lebih wajar kadar gulanya. jangan terlalu banyak menambahkan pemanis, coklat, atau gula pada konsumsi anda. karena makanan atau minuman yang terlalu manis akan mengakibatkan proses infeksi pada kerak gigi terjadi begitu cepat.

2. Jangan Makan / minum yang manis sebelum tidurjika anda hoby makanan atau minuman  manis. saya sarankan agar tidak mengkonsumsinya sebelum anda tidur, Karena saat anda tidur infeksi terhadap gigi akan terjadi begitu cepat dan sulit ditanggulangi.

3. Jangan lupa menggosok gigi setelah konsumsi yang manis setelah anda mengkonsumsi makanan manis pastikan anda menggosok gigi agar sisa makanan manis itu bisa hilang dari gigi anda. jika anda belum sempat menggosok gigi silakan berkumur dengan air bersih atu netralkan dengan banyak minum air putih

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More