Sabtu, 28 Januari 2012

17 Cara Agar Tubuh Sehat dan Bugar



17 Cara Ciptakan Tubuh Sehat dan Bugar  
JANGAN hanya berangan tentang tubuh sehat, tetapi cobalah lakukan. Berikut 17 cara yang kami bagikan untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat, dan inilah ulasannya. 

1. Luangkan waktu 
Olahraga yang paling murah ialah berlari. Meski sibuk bekerja, coba luangkan sedikit waktu untuk melakukan kegiatan ini. Tidak perlu terburu-buru, Anda bisa melakukannya secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

2. Lupakan angka 
Hal ini bisa Anda coba. Lupakan sejenak angka-angka yang menunjukan berat badan dan Anda tidak perlu bolak-balik melihat timbangan. Kedengarannya sepele, tapi Anda bisa merasa lebih bahagia. 

3. Gunakan tabir surya 
Sinar matahari terasa semakin menyengat hari demi hari. Untuk menjaga kesehatan kulit, Anda bisa memakai tabir surya secara teratur. 

4. Keluar dari zona nyaman 
Nyaman dengan pekerjaan yang saat ini dijalani dengan tanpa pergerakan berarti bisa membuat Anda melupakan pentingnya olahraga. Coba keluar dari zona nyaman itu dan mengikuti kelas yang berbeda dari keseharian Anda. Bisa mencoba thai boxing, tapi khusus untuk mencari keringat. Sejenak Anda bisa melampiskan berbagai hal yang berkecamuk dengan memukul dan menendang dari sisi yang positif. 

5. Makanan vegetarian 
Pilihan makanan vegetarian bisa membantu Anda tetap sehat. Pilihlah makanan secara cermat. 

6. Berhenti minum alkohol 
Anda masih suka mengkonsumsi alkohol? Cobalah untuk berhenti. Ini bisa membuat Anda jauh lebih sehat, memiliki lebih banyak energi, dan menurunkan berat badan. 

7. Berlibur 
Ini merupakan solusi ampuh, tapi pastikan Anda merasakan liburan dengan berbagai hal yang santai dan alam akan sangat membantu keinginan Anda itu. Anda bisa mencari tujuan melancong yang memfasilitasi kegiatan yoga, pijat, dan mencicipi berbagai makanan segar organik. Saat tiba kembali menghadapi rutinitas, batere Anda seakan terisi kembali. 

8. Membuat rencana penurunan berat badan 
Dengan mempunyai tujuan, Anda bisa menurunkan berat badan, misalnya saat hendak menikah, Anda ingin terlihat lebih pas dengan gaun yang dipesan. Dengan mempunyai tujuan, proses menurunkan berat badan akan lebih mudah. 

9. Dengarkan tubuh Anda 
Ketika Anda mengalami cedera pada lutut misalnya, jangan paksakan untuk melakukan aktifitas lari meski itu olahraga favorit Anda. Bisa mencoba yang lebih ringan seperti yoga misalnya. 

10. Siapkan makanan 
Bila cenderung bekerja lembur, saat libur di akhir pekan cobalah siapkan makanan sehat. Beberapa makanan bisa Anda siapkan, setengahnya masuk kulkas dan sisanya masuk freezer untuk beberapa hari kedepan. Ketika harus pulang malam karena lembur, Anda bisa mendapatkan makanan sehat untuk mengganjal perut. 

11. Cobalah hal baru 
Rencanakan tujuan sehat Anda di tahun mendatang, mungkin dengan bergabung pada kelas yoga. Biasakan untuk berlatih secara teratur. Pertama-tama mungkin terasa canggung tapi setelah dua kali mengikuti kelas, Anda bisa tertarik untuk menekuninya. Yang pasti itu membuat sehat. 

12. Olahraga di rumah 
Rencanakan sebuah tabungan untuk membeli alat fitnes. Dengan begini Anda bisa meluangkan waktu kapanpun untuk berolahraga di rumah. 

13. Jangan terlalu serius 
Tidak perlu terlalu serius, luangkan waktu juga untuk bersenang-senang dengan teman, meminum segelas cokelat, makan makanan kesukaan dan sebagainya. Tapi ingat, Anda harus tahu batasannya. Hal ini bisa mengurangi tingkat stress Anda. 

14. Jangan terobsesi 
Terlalu terobsesi pada angka-angka berat badan bisa sangat menyiksa. Jangan terlalu dipaksakan dan coba dengarkan sinyal rasa lapar tubuh Anda. Anda menginginkan tubuh yang sehat bukan yang indah. 

15. Pelajari makanan yang dibutuhkan tubuh Anda 
Dengan mengetahui makanan apa saja yang benar-benar dibutuhkan tubuh, Anda bisa memilih makanan dengan lebih efektif. Tidak kekurangan atau berlebihan. 

16. Mengajak teman 
Olahraga akan lebih menyenangkan dengan mengajak teman. Selain menjaga kesehatan Anda juga bisa menjaga persahabatan. 

17. Pergi tidur 
Sediakan waktu setidaknya tujuh jam untuk tidur malam. Ini bisa mengembalikan energi Anda setelah seharian bekerja dan tentunya mengurangi kantuk yang kerap datang di siang hari. Ini juga bisa membantu Anda mengurangi konsumsi kopi

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More