Minggu, 29 Januari 2012

Mangga Buat Kesehatan Usus

Mangga Paling Bagus Buat Kesehatan Usus - Kesehatan BorneoUsus yang sehat sangat penting untuk menjalankan fungsi mencerna makanan dengan baik. Buah dan sayur bagus untuk kesehatan usus dan ilmuwan mengatakan bahwa mangga paling bagus untuk kesehatan usus.

"Mangga memiliki tingkat prebiotik yang lebih tinggi dari sayur dan buah lainnya, sehingga membantu menjaga usus sehat," ujar ilmuwan dari Maharashtra Association Cultivation of Science's Agharkar Research Institute (MACS-ARI), seperti dilansir Medindia, Rabu (9/3/2011).


Mangga telah dikenal sebagai buah dengan karbohidrat dan kalori yang tinggi. Selain itu, prebiotik pada mangga juga ditemukan sangat tinggi dari semua buah-buahan.

Prebiotik merupakan sejenis serat khusus yang bisa menjadi makanan bagi mikroorganisme di dalam usus. Prebiotik bisa dikatakan sebagai makanan non-cerna yang membantu pertumbuhan bakteri menguntungkan (probiotik) dalam usus. Prebiotik adalah makanan untuk probiotik.

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang diminum untuk menjaga keseimbangan sistem pencernaan di usus. Probiotik atau bakteri baik sangat membantu mencegah penyakit
.

"Jika Anda memiliki sejumlah besar bakteri baik ini dalam tubuh Anda, maka lapisan dalam usus tetap sehat dan membantu mencegah penyakit seperti peradangan, penyakit usus, penyakit yang berhubungan dengan antibiotik, susah buang air besar dan irritable bowel syndrome (sindrom iritasi usus)," jelas Dr. Parimal Lawate, senior gastroenterologist.

Selama 10 tahun para ilmuwan telah mempelajari 90 jenis buah dan tanaman yang dapat dimakan untuk keberhasilan membantu pertumbuhan probiotik dalam sistem pencernaan.

"Studi kami menunjukkan bahwa L rhamnosus, yang merupakan bakteri menguntungkan yang tumbuh dalam medium yang mengandung mangga, membantu mengurangi keberadaan E coli. Hal ini menunjukkan potensi menjanjikan untuk varietas mangga sebagai sumber prebiotik," jelas Vaishali Agte, ilmuwan di Agharkar Research Institute

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More