Minggu, 29 Januari 2012

4 Pemicu Perut Buncit

Lemak perut, sebenarnya semua orang punya ini. Tapi pada beberapa orang, menghilangkan tumpukan lemak perut harus dilakukan dengan perjuangan yang berat. Bahkan setelah rutin berolahraga, tumpukan lemak itu masih juga belum mau pergi.
Jika ini yang kita alami, coba cek apakah keempat penyebab lemak perut ini masih berada di sekitar kita? Sebab jika iya, jangan pikir panjang

AYO HINDARI!

Penyebab 1 : Makanan pengundang lemak.

Percayalah bahwa setiap makanan yang masuk ke dalam mulut, akan berbanding lurus dengan intensitas olahraga yang harus kita lakukan. Jadi jika kita masih kebingungan mengapa perut buncit tak mau hilang, coba perhatikan berapa banyak gula yang kita konsumsi.

Dan ketika berbicara mengenai gula, jenisnya banyak sekali. Mulai dari gula murni, gula refinerasi, hingga gula-gula yang ada dalam makanan atau minuman kita. Untuk menghindarinya, kita perlu menganti semua itu dengan makanan yang lebih crunchy.Selain gula ada juga makanan yang terbuat dari tepung, seperti roti, mie, hingga nasi. Makanan-makanan ini memproduksi gas ketika masuk ke dalam usus besar. Inilah yang kemudian membuat perut kita terasa lebih buncit.

Plus makanan-makanan tersebut memang tinggi karbohidrat, lagi-lagi akan diubah menjadi glukosa atau gula ketika masuk ke dalam tubuh. Apabila kita tidak melengkapi dengan olahraga, maka proses pemecahan glukosa akan melambat yang kemudian disimpan menjadi lemak dalam otot.

Penyebab 2 : Minuman berkarbonasi.

Minuman berkarbonasi adalah minuman yang mengandung karbon dioksida. Gas ini ketika masuk ke dalam perut akan memperlambat proses pencernaan makanan sehingga menumpuk menjadi lemak.

Penyebab 3: Tidak pernah melakukan olahraga angkat beban.

University of Pennsylvania mengamati 164 responden perempuan. Berdasarkan intensitas mereka melakukan olahraga angkat beban disimpulkan, responden yang 2 kali seminggu melakukan latihan angkat beban selama 1 jam, mengalami penyusutan lemak perut hingga 15 persen dibanding yang tidak latihan angkat beban sama sekali. Tak hanya itu, mereka yang latihan angkat beban juga berhasil mengurangi total lemak dalam tubuh sebanyak 4 persen.

Penyebab 4 : Melakukan sit up yang salah.

Sebenarnya sit up yang standar saja, jika kita melakukannya dengan benar akan memberikan manfaat yang besar terhadap pengikisan lemak-lemak di perut. Saat mengangkat kepala ke atas, pastikan punggung dan pudak kita bergerak dalam satu gerakan lurus. Angkat kepala sejauh yang kita mampu dan rasakan perut berkontraksi.

Ingat, jangan mengangkat kepala dengan tangan. Tapi dorong pundak ke atas dan letakkan kedua tangan di belakang kuping. Tahan beberapa menit, lalu kembali ke posisi berbaring secara perlahan-lahan agar tidak terjadi cedera.

Ayo perbaiki pola makan dan olahraga kita, jangan biarkan lemak perut menumpuk terlalu lama. (PreventionIndonesia/Siagian Priska)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More