Minggu, 29 Januari 2012

10 Tips Cegah Penyakit





makan apel merah
Di bawah krisis keuangan global, cara terbaik untuk menghemat uang adalah menjaga agar setiap anggota keluarga dalam keadaan sehat.

Kesehatan lebih penting dari pada kekayaan. Menjadi sehat dan terhindar dari penyakit merupakan kebahagiaan dan keberuntungan terbesar. Mengapa beberapa orang kelihatannya terus-menerus sakit, sementara yang lain tampaknya selalu sehat? Apa rahasia mereka?

Menurut para ahli medis Amerika, kesehatan yang baik adalah bukan kualitas bawaan. Akan tetapi, kebanyakan orang mampu memperkuat dan menguatkan kekebalan mereka untuk melawan ancaman penyakit jika Anda dapat mengikuti sepuluh tips hidup berikut ini:

1. Rawatlah dengan baik kesehatan mulut Anda

Menggosok gigi dengan hati-hati dan menggunakan obat kumur akan mampu meningkatkan imunitas (kekebalan). Kesehatan mulut yang kurang dapat menyebabkan periodontitis (peradangan jaringan di sekitar mulut), menyebabkan diabetes dan penyakit jantung. Oleh karena itu, menyadari akan kesehatan mulut Anda adalah langkah pertama untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

2. Jaga kebersihan tangan Anda

Tak perlu dikatakan lagi bahwa seseorang harus menjaga tangannya tetap bersih, tetapi kebanyakan orang mengabaikannya. Selama musim flu, orang perlu lebih sering membersihkan tangan mereka dengan sabun. Jika setiap orang memperhatikan prosedur cuci tangan yang benar, satu milyar orang bisa bebas dari flu, mencegah penyebaran penyakit menular lebih lanjut.

3. Banyaklah makan apel merah

apel merah
"Sebuah apel sehari membuat para dokter jauh." Apel merah, kubis dan teh hijau semuanya mengandung anti-oksidan bernama quercetin. Hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ketika orang berada di bawah tekanan. Riset menunjukkan bahwa asupan quercetin terus-menerus selama lima minggu dengan makan apel merah, mengurangi  40% risiko penyakit infeksi saluran pernapasan.

4. Perluas kegiatan sosial

Ketika orang diserang virus, beberapa faktor kepribadian dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dibicarakan secara relatif, orang-orang ekstrovert [orang yang terbuka dan bergaul keluar] cenderung tidak terkena flu daripada orang introvert [orang yang cenderung tertutup]. Hal ini karena kegiatan sosial dan kegiatan di luar dapat meningkatkan ketahanan seseorang. Semakin aktif seseorang, semakin kecil kemungkinan ia akan menderita penyakit jantung, dan memiliki umur yang lebih panjang.

5. Berolahraga setiap hari

Berolahraga dapat meningkatkan metabolisme darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan ketika tubuh diserang penyakit, olahraga dapat benar-benar memadamkan faktor-faktor tersebut.

6. Cukup tidur

tidur
Ini jelas membantu sistem kekebalan tubuh seseorang jika mereka dapat tidur 8 jam yang bermanfaat setiap harinya. Tidaklah mudah untuk terkena flu bagi orang yang tidur dengan baik sepanjang malam, karena tidur nyenyak dapat meningkatkan metabolisme dan memulihkan kekebalan dengan cepat.

7. Memiliki suasana hati optimis

Mereka yang bahagia, bersemangat dan tenang, memiliki risiko yang lebih kecil untuk tertular penyakit menular. Dari sebuah survei terhadap 193 orang yang sehat, ditemukan bahwa mereka yang secara emosional optimis tidak memiliki gejala khusus flu dan memiliki ketahanan yang lebih kuat terhadap penyakit saluran pernapasan bagian atas.

8. Makanlah beragam makanan

Secara umum, tubuh manusia kekurangan vitamin. Orang-orang kekurangan vitamin D. Orang tidak bisa mengandalkan vitamin campuran dan perlu mendapatkannya dari makanan. Vitamin D biasanya ditemukan pada ikan, telur dan susu. Adalah baik bagi kesehatan seseorang jika mengkonsumsi jenis makanan ini.
Imunitas juga akan berkurang jika seseorang tidak memiliki cukup vitamin C. Orang-orang dapat mendapatkan vitamin C dari buah jeruk.

9. Memiliki pola pikir yang positif

Serangkaian reaksi biokimia dalam tubuh akan mengikuti pikiran yang muncul. Sikap positif akan meningkatkan kadar nitrogen monoksida, sehingga mencapai sistem saraf yang seimbang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Cobalah teknik meditasi dan pernapasan

dr yulin practise falun gong

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More