Minggu, 29 Januari 2012

Manfaat Air Bagi Metabolisme

6 Manfaat Air Bagi Metabolisme - Kesehatan - Ardiz Tarakan BorneoAnjuran untuk minum air sekurangnya dua liter atau sekitar delapan gelas per hari selalu dihubungkan dengan kesehatan manusia. Sebagai zat gizi, air mempunyai tugas penting bagi tubuh manusia. Berikut adalah fungsi air bagi tubuh yang disarikan dari buku Air Bagi Kesehatan.

 
 
1. Pembentuk sel dan cairan tubuh

Komponen utama sel, kecuali sel lemak, adalah air, yaitu 70-85 persen. Air berperan penting dalam pembentukan berbagai cairan tubuh, seperti darah, cairan lambung, hormon, enzim dan sebagainya. Selain itu air juga terdapat dalam otot dan berguna menjaga tonus otot sehingga otot mampu berkontraksi.

2. Pengatur suhu tubuh

Air menghasilkan panas, menyerap dan menghantarkan panas ke seluruh tubuh sehingga dapat menjaga suhu tubuh tetap stabil. Melalui produksi keringat yang sebagaian besar terdiri atas air dan garam, air turut mendinginkan suhu tubuh.

3. Pelarut

Air melarutkan zat-zat gizi lainnya dan membantu proses pencernaan makanan. Karena air merupakan zat anorganik, air tidak dicerna. Air dengan cepat melewati usus halus dan sebagian besar diserap kemudian turut berfungsi sebagai salah satu komponen mukus agar sisa zat makanan dapat keluar sebagai feses.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More