Sabtu, 28 Januari 2012

Mengatasi Obisitas Anak

 
 Sangatlah memilukan jika kita melihat anak-anak bergelut dengan masalah kegemukan. Anak-anak bisa menjadi kejam, dan tidak mempunyai empati terhadap anak lain. Hal ini dapat berlangsung sampai masa remaja, bahkan sampai dewasa. Remaja yang mengalami obesitas mengalami masa-masa lebih berat dari yang lain, bahkan lebih berat daripada obesitas pada usia dewasa. Apabila anak Anda bergelut dengan obesitas, kita harus menolongnya sekuat tenaga, walaupun sampai harus mengubah gaya hidup kita sendiri.

Ada masalah kesehatan yang menyebabkan obesitas anak, namun kebanyakan karena keturunan dan cara makan yang tidak sehat, serta jarang berolah raga. Anak-anak belajar cara makan dari orang tua mereka, jadi apabila Anda sendiri mengajarkan gaya hidup yang tidak baik, mereka hampir dipastikan akan mengalami obesitas juga. Jika Anda hanya membiarkan anak-anak main video game di dalam rumah, ini bisa jadi masalah. Apabila makanan Anda kaya akan karbohidrat, Anda akan berada dalam lingkaran setan dengan pola makan yang tidak henti-hentinya. Namun demi anak-anak, Anda harus mengubah kebiasaan itu saat ini juga.

Jangan membuat anak berdiet, karena akan melukai rasa percaya diri mereka. Jangan memanggil mereka gendut dan pemalas. Ingatlah bahwa mereka belajar dari tingkah laku Anda sendiri. Fokuskan perhatian pada hidup sehat untuk setiap orang di rumah. Artinya Anda sendiri harus mengubah apa yang dimakan, memasak di rumah lebih sering dan keluar bersama dalam aktivitas keluarga seperti bersepeda, naik gunung dan hal sederhana lainnya misalnya jalan kaki. Jangan biarkan ia terpojok. Ubahlah cara melakukan hal-hal di rumah agar dapat memberikan mereka dasar yang kuat dalam melawan obesitasnya.

Yang kedua, coba menghubungi dokter agar anak Anda dapat dicek secara menyeluruh, karena obesitas rentan akan penyakit. Ada orang yang menderita resistansi insulin (yang sering juga disebut pre-diabet) dan ini akan menyebabkan komplikasi-komplikasi lebih lanjut. Obesitas adalah salah satu tanda. Selain mengubah gaya hidup, anak Anda juga mungkin butuh penanganan medis untuk membantu mengatasi obesitas ini dan bisa bertahan tetap bugar.

Obesitas pada anak adalah permasalahan global. Amerika Serikat adalah salah satu negara dengan tingkat obesitas anak tertinggi. Ini mungkin pertanda bahwa gaya hidup kita bukanlah gaya hidup yang sehat. Kita harus meninggalkan makanan kaleng dan mengkonsumsi makanan segar agar panjang umur. Jika remaja bergelut dengan obesitas tidak ingin berubah, umur mereka dikhawatirkan lebih pendek daripada generasi sebelumnya. Bukan itu yang kita inginkan bagi generasi penerus kita.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More