Sabtu, 28 Januari 2012

Ramuan Makanan Pencegah Ubanan







Rambut putih alias uban biasanya muncul seiring faktor usia,namun uban juga bisa muncul saat orang beranjak usia muda.Namun kini jangan khawatir sudah ada pencegahan alami yang dapat menghilangkan uban jika itu terjadi pada anda yang usia masih tergolong muda.

Ditinjau dari ilmu kesehatan ambut memiliki akar yang berisi struktur seperti tas kecil atau disebut dengan folikel rambut. Folikel rambut ini mengandung melanosit yang menghasilkan pigmen melanin, yang bertanggung jawab terhadap warna rambut.
Seiring bertambahnya usia sel-sel pigmen di dalam folikel rambut akan berkurang yang membuat rambut tidak lagi memiliki melanin yang banyak. Kondisi inilah yang mengubah warna rambut menjadi abu-abu atau putih.
Jika sudah tua mengalami ubanan itu sangat wajar, tapi jika masih muda sudah ubanan maka ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.
Dikutip dari detikhealth berikut cara mudah mencegah uban bagi anda yang masih tergolong usia muda :
1. Minum jus wortel
Minum jus wortel setiap hari dapat menjaga rambut tetap hitam dan membantu mengatasi masalah rambut beruban.
2. Jahe parut di dicampur madu
Parut jahe segar dan campurkan dengan madu yang kemudian tempatkan di dalam toples. Minum 1 sendok teh setiap hari.
3. Pijat rambut
Pijat rambut dengan minyak kelapa akan menjaga rambut panjang, hitam dan kuat. Anda juga dapat menggunakan jus lemon yang dicampur bubuk gooseberry kering untuk digunakan pada kulit kepala selama beberapa hari. Hal ini akan membantu menghitamkan rambut uban prematur secara bertahap. Pijat rambut dengan engan minyak kelapa dan air jeruk nipis setiap hari juga bisa membantu.
4. Minum susu mentega (butter milk)
Minum susu mentega dengan campuran 2 sendok teh ragi dan gandum akan mencegah dan mengobati rambut beruban prematur.
5. Menggunakan pasta bawang merah
Menerapkan pasta bawang merah ke kulit kepala selama beberapa hari sebelum mandi membantu mengubah rambut abu-abu secara bertahap menjadi hitam.
6. Makan makanan kaya protein, besi, mineral yodium, dan vitamin A dan B
Vitamin A misalnya pada sayuran hijau dan buah-buahan kuning seperti brokoli, bayam, wortel, labu. Vitamin B pada pisang, tomat, kembang kol, sereal, hati, ginjal, yoghurt, ragi dan gandum. Protein pada biji-bijian sereal, daging dan kedelai. Mineral seperti seng, besi dan zat tembaga pada daging merah, almond dan ikan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More