Sabtu, 21 Januari 2012

Jenis-Jenis Kanker Payudara - Ca Mammae

Jenis-Jenis Kanker Payudara - Ca Mammae
Ada beberapa jenis Kanker Payudara (Ca Mamma) jika dilihat dari gambaran histologisnya. Berikut ini adalah tipe-tipe kanker payudara :

Adenocarcinoma: kanker berbentuk oval, sering menempel pada jaringan lain.

Ductal Carsinoma Insitu (DCIS): Kadang-kadang digambarkan sebagai prekanker, preinvasif, atau kanker intraductal. Jenis kanker payudara ini non-invasif, yang berarti belum menyebar ke luar duktus sel-sel payudara atau bagian lain dari payudara, seperti kelenjar getah bening axilla, atau ke bagian lain dari tubuh. Ada tiga tingkatan DCIS yaitu low, intermediate, dan high. Grade DCIS mengacu pada bagaimana sel abnormal yang dilihat di bawah mikroskop dan memberikan gagasan tentang seberapa cepat sel-sel dapat berkembang menjadi kanker invasif. DCIS sangat dapat disembuhkan.

Medullary Carcinoma: Ini adalah jenis karsinoma duktal invasif, sering menembus kelenjar getah bening. Kanker ini dapat tumbuh membesar tetapi memiliki prognosis yang lebih baik dari rata-rata.

Mucinous Carcinoma: Ini adalah jenis karsinoma duktal invasif, yang memproduksi gelatinous tumor. Kanker ini memiliki prognosis yang sangat baik.

Tubular carcinoma: Jenis kanker ini menghasilkan banyak kelenjar-kelenjar kecil dan tubulus yang mirip dengan duktus payudara normal. Prognosis biasanya positif.

Invasive Ductal Carcinoma: karsinoma duktal invasif (atau karsinoma ductal infiltratif) adalah jenis kanker yang paling umum dan sering ditemukan. Lebih dari separuh dari semua kasus kanker payudara adalah jenis ini.

Invasive Lobular Carcinoma: jenis kanker ini berkembang di ujung saluran atau di lobulus dan dapat menyebabkan penebalan. Prognosisnya lebih baik dibandigkan dengan rata-rata.

Inflammatory Carcinoma: Ca mamme yang paling invasif dari semua jenis kanker payudara. Sering kali terjadi salah diagnosis mengenai jenis kanker ini, seperti mastitis atau dermatitis. Pada kulit payudara terjadi inflamasi dan pembengkakan karena pembuluh limfe di hambat oleh kanker.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More