Minggu, 29 Januari 2012

Kutil Kelamin / Jengger Ayam

Kondiloma akuminatum (KA) adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh virus papilloma humanus (VPH) yang menyerang kulit alat kelamin. 
 
KA disebut juga kutil kelamin, penyakit jengger ayam atau brondong jagung. KA ditularkan melalui sentuhan langsung, misalnya trauma pada saat hubungan seksual. 
 
Kelainan ini sering ditemukan pada dewasa muda, terbanyak pada kelompok umur 17-33 tahun, dengan frekuensi yang seimbang antara pria dan wanita.
 
 
 
Masa inkubasi KA sulit dipastikan, rata-rata sekitar 3 bulan. 
 
Pada wanita, lesi KA sering timbul di liang vagina, labia mayor dan minor, serta sekitar anus. 
 
Pada pria, tempat yang sering terkena adalah glans penis (topi baja), batang penis, daerah rambut kemaluan dan di buah zakar. 
 
 
Gambaran klinis KA berupa bintil atau benjolan sewarna daging, dengan permukaan tidak rata/berbenjol-benjol menyerupai kembang kol

Pengelolaan KA dapat dilakukan dengan beberapa pendekatan, namun tidak satupun yang efektif karena sering kambuh. Tanpa terapi, KA dapat menghilang, tetap sama, atau bertambah banyak atau besar.
 
Terapi dapat dengan obat-obat yang dioleskan atau bedah listrik. Pemilihan terapi ditentukan oleh preferensi pasien, usia pasien dan kemampuannya mematuhi arahan-arahan terapi, lokasi dan jumlah kutil, serta kemampuan dokter. 

Dianjurkan segera menghubungi dokter untuk mendapatkan terapi, karena penyakit ini sangat menular, kambuh-kambuhan, dan berisiko menjadi faktor pencetus kanker leher rahim pada wanita.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More