Minggu, 29 Januari 2012

Sehat dengan Buah


Tak hanya rasa segar dan lezat yang didapat, tetapi manfaat kesehatan pun dapat dikecap saat mengonsumsi buah-buahan. Para ahli gizi juga selalu menyarankan untuk memasukkan buah-buahan ke menu makanan sehari-hari dengan komposisi gizi seimbang.

Dari dulu hingga sekarang, buah-buahan selalu dikenal baik untuk tubuh karena mengandung berbagai macam mineral dan vitamin. Mineral yang banyak terkandung di dalam buah adalah kalsium, magnesium, fosfor, dan besi, sedangkan kandungan vitaminnya lebih banyak didominasi vitamin A dan vitamin C.

Belum lagi dengan kandungan air di dalam buah yang bermanfaat memenuhi keseimbangan cairan tubuh. Pasalnya, kandungan air di dalam buah dapat mencapai 80 persen. Tentu saja, dengan menambahkan "makanan" segar ini ke dalam menu rutin Anda, niscaya ia dapat membantu menghindari masalah dehidrasi.

Buah pun dapat membantu Anda untuk terlepas dari masalah konstipasi ataupun diare. Sebab, buah mengandung serat alami yang baik untuk mendukung sistem pencernaan.

Oleh karena itu, alangkah bahagianya kita yang tinggal di Indonesia. Negeri yang kaya ragam buah tropis dan aneka jenis sayur-mayur yang mampu memberikan pilihan sehat untuk konsumsi sehari-hari. Si buah tropis pun tak kalah bermanfaat dibandingkan buah-buah impor.

Seperti informasi dari Direktorat Budidaya Tanaman Buah Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, ada beberapa contoh khasiat yang dapat dipetik dari buah-buahan tropis, selain sebagai sumber vitamin dan mineral.

Pepaya berkhasiat untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, antiamuba, dan peluruh kencing, sedangkan jeruk dikenal bermanfaat mencegah sariawan, meningkatkan stamina tubuh, dan menambah nafsu makan.

Lain lagi dengan manfaat pisang. Buah yang satu ini memiliki kolesterol rendah, rendah lemak, dan kaya karbohidrat. Ia pun kerap menjadi "resep" untuk mengatasi sembelit.

Buah tropis lainnya seperti nanas juga memiliki khasiat seperti sebagai antiradang dan analgesik ringan sekaligus membantu menangani keseleo atau terkilir. Di samping itu, buah manggis dapat membantu meringankan gejala batuk, radang amandel, wasir, dan disentri.

Tak lupa, ada manfaat lain yang dapat dipetik dari buah semangka sebagai buah tropis. Semangka dipercaya dapat membantu mengatasi keringat berlebih dan membantu meringankan radang ginjal dan prostat. Yuk, mulai konsumsi buah setiap hari untuk mencapai kesehatan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More