Minggu, 15 Januari 2012

Cara Mudah Menjaga Metabolisme Tubuh


Anda sudah mengonsumsi makanan rendah lemak, atau mengurangi asupan karbohidrat dalam porsi makan sehari-hari. Tetapi kok tangan Anda tetap bergelambir, tubuh Anda masi sering loyo dan lingkar perut Anda tetap besar dan berlemak?

Penyebabnya mungkin beberapa hal. Salah satunya adalah metabolisme tubuh Anda berjalan kurang baik — sehingga proses pembakaran kalori tidak optimal.

Lalu bagaimana caranya agar metabolisme tubuh berjalan baik sehingga proses diet dan olahraga punya manfaat maksimal bagi tubuh?

Simak beberapa cara di bawah ini, seperti dikutip dari Shine:

1. Latihan beban
Latihan beban berguna untuk membentuk otot dan membakar lemak dengan cepat. Melalui latihan beban yang rutin, terukur dan sesuai kemampuan, lemak yang ada di tubuh akan hilang secara bertahap dan kualitas otot tubuh akan meningkat.

Bagi kaum wanita, tentu Anda tak perlu melatih otot seperti yang dilakukan para pria. Cukup lakukan sit-up atau push-up dengan beberapa kali pengulangan. Latihan beban di pagi hari adalah waktu yang pas karena kalori akan dengan mudah terbakar. Lakukan setidaknya sebanyak tiga kali seminggu.

2. Lebih sering makan
Ingin langsing dengan tidak makan sama sekali adalah metode yang salah. Metode diet dengan jarang makan atau mengurangi porsi makan secara drastis malah bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Pada dasarnya tubuh manusia butuh asupan nutrisi yang cukup agar fungsi organ berjalan dengan baik. Lalu bagaimana agar Anda punya tubuh bagus tapi tidak kelaparan? Perbanyak frekuensi atau jam makan Anda, misal dari tiga kali sehari menjadi lima sampai enam kali sehari. Tapi kurangi jumlah porsinya. Misal jika sebelumnya setiap makan sebanyak 10 sendok makan, maka dikurangi menjadi lima sendok makan saja.

Anda bisa makan setiap tiga sampai empat jam sekali dan diakhiri satu jam sebelum waktu tidur tiba. Frekuensi makan yang sering tapi tidak berlebih akan membuat tubuh Anda terus membakar makanan yang masuk ke tubuh. Hasilnya metabolisme tubuh yang optimal. Dan gula darah Anda tetap terkontrol.

3. Perbanyak protein
Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ikan, putih telur, tempe atau tahu. Juga makanan bermineral dan vitamin tinggi, contohnya: semua jenis buah-buahan dan sayuran hijau.

Mengapa? Menurut hasil penelitian protein mampu membantu pembakaran lemak dengan cepat dibanding karbohidrat. Protein juga bisa meningkatkan kualitas otot. Hasilnya tentu bentuk tubuh yang ideal.

Sedangkan sayuran dan buah membantu melancarkan buang air yang berguna untuk membuang racun dari tubuh. Sayuran dan buah segar juga membantu tubuh memperbaiki sel-sel tubuh yang mati.

4. Banyak bergerak
Kendala menjadi orang kantoran ialah banyak duduk selama berjam-jam di depan laptop atau di ruang rapat. Mau olahraga di pagi hari, Anda harus berangkat lebih awal untuk mengindari macet. Niat berolahraga di sore hari, badan sudah lelah karena pekerjaan yang menumpuk atau terjebak kemacetan.

Cara yang gampang untuk menggantikan olahraga ialah banyak bergerak. Pertama jika Anda naik mobil atau motor pribadi, usahakan pilih rute yang memutar dari tempat parkir ke kantor Anda. Jalan kaki selama 10 menit setiap hari pasti akan bermanfaat untuk tubuh. Tungkai menjadi kuat, jantung sehat dan stamina bertambah.

Lalu usahakan mengurangi penggunaan lift. Jika kantor Anda berada di lantai 10, mulailah naik lift dari lantai 1 ke lantai 5. Lalu dari lantai 5, Anda bisa naik tangga darurat ke lantai 10. Tapi sebelum melakukan itu, tanyakan kepada pengelola gedung atau satpam: apakah pintu tangga darurat bisa dibuka atau tidak. Jangan sampai Anda terkurung.

Sampai di kantor, biasakan setiap 10-15 menit, Anda berjalan kaki, entah mengambil minum atau sekadar meluruskan kaki. Berjalanlah selama 2-3 menit saja agar tubuh Anda tidak cuma duduk di atas kursi.
 
5. Mencintai air putih
Penelitian membuktikan, air putih yang higienis bermanfaat untuk tubuh. Ingin berat tubuh Anda berkurang secara alami? Minumlah setengah liter air putih sebelum sarapan. Lambung akan mencerna dengan baik makanan yang masuk jika Anda minum air putih sebelumnya. Lalu setiap hari minumlah air putih 8-12 gelas.a

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More