Minggu, 08 Januari 2012

Jauhi Kopi Karena Tidak Baik Untuk Payudara

Tidak hanya pria,sebagian wanita juga menyukai minuman berkafein ini.Tapi tahukah anda,ternyata minum kopi dapat memiliki pengaruh besar pada ukuran payudara wanita.Untuk itu sebaiknya wanita membatasi konsumsi kopi, karena kopi tak cocok bagi payudara.

Sebuah Penelitian di Swedia menyebutkan bahwa minum tiga cangkir kopi dalam sehari dapat memperkecil ukuran payudara wanita.
 
Menurutnya, hubungan yang jelas antara minum kopi dan ukuran payudara adalah karena sekitar setengah dari populasi wanita memiliki gen tertentu yang membuat jaringan lemak menyusut akibat terlalu banyak minum kopi.

Selain itu kafein pada kopi dalam jumlah besar juga menyebabkan kadar hormon berfluktuasi sehingga menjadi penyebab nyeri dan kista di payudara.
Dilansir livestrong berikut beberapa efek buruk payudara jika meminum kopi :

1. Benjolan di payudara
 
Kafein bisa menyebabkan payudara fibrokistik, yaitu mengandung sel-sel yang mengumpulkan cairan dalam kista yang sering membuat benjolan atau gumpalan di payudara. Karakternya berupa benjolan bulat yang bergerak bebas si payudara. Benjolan ini sering lembut ketika disentuh.

Benjolan ini bisa bersifat permanen atau sementara. Gejalanya akan semakin buruk sebelum haid dan di awal kehamilan. Payudara fibrokistik karena asupan kafein biasanya tidak meningkatkan risiko kanker payudara.
 

 
2. Sakit di payudara

Selain menyebabkan benjolan, kafein juga menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit pada payudara. Asupan kafein dapat memperparah rasa sakit bila Anda telah menderita payudara fibrokistik sebelumnya. Menurut Georgetown University Department of Medicine, rasa sakit ini bisa datang terus menerus atau hanya kadang-kadang.

3. Payudara menjadi padat
 
Penelitian di University of Rochester Medical Center menunjukkan bahwa asupan tinggi kafein yang menyebabkan perubahan fibrokistik di payudara juga bisa menyebabkan daerah tertentu di payudara menjadi padat.

Untuk menghindari terjadi benjolan di payudara, sebaiknya kurangi dan hentikan kebiasaan mengonsumi kopi. Selain itu, diet tinggi serat, mengonsumsi makanan laut serta asupan vitamin A, vitamin E dan yodium juga bisa mencegah terjadinya kista payudara.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More