Minggu, 15 Januari 2012

Kacamata Tak Menjamin Lindungi Mata Anda

Layaknya kulit, mata juga membutuhkan perlindungan guna menghadang dampak buruk dari sinar matahari. Jika kulit dapat dilindungi oleh (tabir surya) sunscreens, maka mata butuh kaca mata yang memiliki lapisan anti sinar ultra violet. Dan bukan hanya kaca mata yang membuat membuat mata anda teduh atau untuk bergaya.
" Kelebihan terkena sinar ultraviolet diduga sebagai penyebab dari penyakit katarak, kerusakan retina dan penyakit mata lainnya, terutama di musim panas ".

Kaca mata sendiri merupakan pelindung yang ideal yang mampu melindungi mata dari dampak merugikan dari sinar matahari. pastikan anda menggunakannya ketika pergi beraktifitas keluar ruangan di bawah sinar matahari, termasuk ketika berenang.

Utamanya di musim panas, pengelola kolam renang biasanya menambahkan penggunaan klorin dan bahan kimia lainnya untuk menjaga kualitas air bersih.Bahan kimia ini sering memicu masalah kesehatan mata, seperti mata dengan mudah berair dan sensitif.

Dalam rangka memilih kaca mata yang tepat, anda bisa memperhatikan 4 hal berikut untuk mendapatkan kacamata yang memiliki kualitas baik :
  1. Label. Agar lebih aman, pilihlah kaca mata yang berlabel solar sunglasses, 99 atau seratus persen dalam menghadang sinar UV ketimbang yang hanya berlabel UV protection.
  2. Kegelapan. Tak hanya tingkat kegelapan kaca mata saja.Langkahnya adalah menggunakannya dan kemudian berkacalah. Jika anda masih dapat melihat dengan jelas mata anda sendiri, hal itu tak cukup melindungi mata anda.
  3. Mengepaskan Ukuran. Ukuran dari kacamata harus juga tepat dengan lebar hidung dan wajah. jangan terlalu sempit utamanya terlalu longgar. Jika kacamata anda longgar, hal itu memberikan perlindungan yang kurang.
  4. Konsultasi. Jika mungkin,berkonsultasilah dengan seorang ahli yang mengerti kualitas tentang kacamata. Hal itu memang sedikit agak mahal, ketimbang membeli secara langsung. Meski Begitu, hal yang akan anda dapatkan adalah kacamata yang tepat dan dengan kualitas yang baik.

Ketika Anda memutuskan untuk membeli sebuah kacamata atau sunglasses, pilihlah kacamata yang berkualitas yang dapat melindungi mata Anda terutama dari sinar UV. Kacamata dari acrylic murah atau triacetate mungkin hanya 30%-40% melindungi mata dari UV. Untuk lebih meyakinkan agar mata Anda benar-benar terlindung dari UV, pilihlah kacamata yang berlensa kualitas optik atau polycarbonate.

Selain itu ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan petunjuk saat Anda membeli sebuah kacamata :
  1. Pilih kacamata yang memliki pelindung UV. Biasanya kacamata ditandai dengan “UV 400″ atau “100% UV Protected”. Meskipun hal ini bisa menjadi indikator yang berguna,tetapi banyak sekali kacamata murah yang memberi label ini pada lensanya. Jadi lebih baik Anda membeli kaca mata di agen pengecer besar khusus kacamata atau optik yang bisa dipercaya.
  2. Belilah kacamata yang terbuat dari polycarbonate berkualitas bagus yang dapat melindungi mata Anda dari sinar UV. Meskipun terkadang sinar UV masih bisa menembus lewat bagian samping atau atas. Untuk mencegah hal ini,pakailah topi atau pilihlah “wraparound sun glasses”.
  3. Pilih kacamata yang terpolarisasi atau mampu mengurangi silau apabila Anda beraktivitas seperti memancing,mengemudi atau kegiatan outdoor lainnya.
  4. Pilihlah kacamata yang lensanya photo chromatic . Ini berguna bagi Anda yang memang menggunakan kacamata resep. Ia memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan sinar UV. ketika Anda berada di dalam ruangan lensa kacamata berubah terang,dan ketika Anda menuju tempat di mana ada sinar matahari,maka lensa berubah menjadi gelap.
  5. Memeriksa apakah kacamata yang akan Anda beli bagus atau tidak caranya cukup mudah. Pegang kacamata dan letakkan kira-kira setengah lengan dari badan Anda. Lihatlah objek dari balik lensanya. Jika objek yang Anda lihat terlihat jelas,maka kacamata tersebut memang bagus untuk mata Anda. Akan tetapi jika objek yang Anda lihat terlihat kabur dan pecah,sebaiknya Anda tidak memilihnya meskipun Anda menyukai modelnya.
  6. Mempertimbangkan warna lensa kacamata adalah hal yang penting. Warna coklat,abu-abu atau hijau terang memberikan perlindungan yang lebih baik daripada warna kuning, merah atau warna lainnya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More