Minggu, 15 Januari 2012

Mengenal Kutu Pada Alat Kelamin Manusia

Pthirus atau Phthirus pubis (disebut juga Pubic lice atau kutu Pubic) adalah serangga parasit 

Pthirus atau Phthirus pubis (disebut juga Pubic lice atau kutu Pubic) adalah serangga parasit penghisap darah yang hidup di kulit sekitar kemaluan manusia. Manusia adalah satu-satunya tuan rumah parasit ini. Manusia dapat juga penuh dengan kutu tubuh (Pediculus humanus corporis) dan kutu kepala (Pediculus humanus capitis).

Penularan kutu kelamin biasanya terjadi akibat hubungan seksual. Selain Itu Penularan dari orang terdekat kita bisa terjadi melalui pemakaian handuk, pakaian, pakain dlam, tempat tidur atau closets yang sama secara bergantian. Sebagian besar orang dewasa lebih sering terkena kutu ini di bandingkan dengan anak-anak

Gejala yang sering ditimbulkan biasanya gatal-gatal, rasa gatal itu adalah akibat hasil dari sentuhan liur kutu dengan kulit disekitar kemaluan kita, dan (rasa gatal) menjadi semakin kuat pada dua minggu atau lebih setelah kita terkena wabah kutu ini. Gigitan kutu dapat menimbulkan luka pada kulit yang menjadi jalan masuk bagi organisme lainnya seperti virus dan bakteri

Walaupun daerah kulit kemaluan menjadi tempat favorit dari kutu ini, Namun sedikit kasus pada pasien pria, kutu dan telur juga dapat ditemukan pada rambut di daerah perut, kumis dan janggut.

Pthirus atau Phthirus pubis (disebut juga Pubic lice atau kutu Pubic) adalah serangga parasit

Salah satu cara pencegahan untuk mengatasi kutu ini adalah dengan cara mencukur bulu disekitar kemaulaun kita, dan seringlah membersihkannya. Dan hindarilah berganti-ganti pasangan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More