Sabtu, 07 Januari 2012

Rajin Olahraga Bikin Tidur Lebih Lelap

Banyak orang sering mengalami gangguan tidur dan beberapa di antaranya terpaksa mengonsumsi obat-obatan tertentu. Tetapi, ada solusi alami yang mungkin dapat dipertimbangan oleh mereka yang mengalami masalah tidur, yakni melakoni olahraga secara teratur.


Riset terbaru menunjukkan, melakukan latihan atau aktivitas fisik secara teratur ternyata dapat membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak dan tetap bugar di siang hari.


Manfaat olahraga bagi perbaikan kualitas tidur ditunjukkan dalam penelitian yang digagas para ilmuwan dari Oregon State University Amerika Serikat. Riset ini tidaklah merekomendasikan bahwa olahraga secara langsung akan memperbaiki kualitas tidur seseorang, tetapi mungin akan penjelasan lain yang menghubungkan antara keduanya.


Matthew P. Buman, asisten profesor bidang olahraga dan kebugaran diArizona State University menilai, hasil penelitian ini sejalan dengan riset riset sebelumnya. "Secara umum, hubungan antara aktivitas fisik dan tidur sifatnya moderat," kata Buman.
Dalam risetnya, peneliti menggunakan pada data statistik survei kesehatan Amerika Serikat yang dilakukan pada tahun 2005-2006. Para peneliti melibatkan lebih dari 2.600 relawan pria dan wanita berusia 18-85 tahun.


Dalam penelitian, semua relawan diinstruksikan mengenakan accelerometer - sebuah perangkat untuk mengukur aktivitas fisik - selama seminggu. Kemudian para relawan dibuatkan suatu panduan untuk melakukan latihan fisik selama 150 menit secara moderat dalam seminggu atau berlatih selama 75 menit dengan intensitas tinggi selama seminggu.


Hasilnya menunjukkan, mereka yang memenuhi pedoman latihan sebesar 65 persen cenderung tidak merasa ngantuk di siang, dan memiliki risiko lebih kecil mengalami kram saat tidur (65 persen) dan cenderung lebih rendah mengalami kesulitan berkonsentrasi saat lelah (45 persen).


Studi ini dipublikasikan dalam edisi Desember journal Mental Health and Physical Activity.
Beberapa peneliti berpikir bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan kualitas tidur dengan membantu mengurangi tingkat stres, kecemasan dan depresi.
"Ketika Anda membakar lebih banyak kalori melalui latihan, tubuh Anda akan lebih mudah tertidur. Studi lain bahkan menyebutkan manfaat lain dari olahraga untuk mengurangi berat badan, yang pada gilirannya membantu orang untuk tidur lebih baik," kata peneliti.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More