Jumat, 06 Januari 2012

Tahukah Anda? Ampas Teh Obat Jerawat

Ketika masih remaja, memang ada jerawat puber. Tapi seorang tetap saja bisa jerawatan meski sudah tidak remaja lagi. Pada saat perempuan menjelang haid atau dilanda stress yang emosional, bisa saja jerawat muncul.

Untuk wajah yang potensial ditumbuhi jerawat besar-besar dan bernanah, Anda harus telaten merawat kulit wajah dengan susu pembersih cleansing cream dan penyegarnya dua hari sekali. Tentunya, dengan jenis yang cocok. Juga pakailah sabun lunak (sabun wajah) khusus jerawat sehari dua kali.

Pilling dengan ampas teh yang sudah tidak dipakai dicampur dengan sedikit air. Gosok-gosokkan perlahan-lahan sekitar 5 menit dan bersihkan. Ini hanya dilakukan bila jerawat tidak sedang bernanah.

Masker dengan asam. Caranya: asam direbus dulu dengan air lalu disaring (boleh dibuat agak banyak dan disimpan dikulkas). Ukuran masker: -1 sendok makan air asam, 1 sendok susu sapi segar, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok teh madu asli. Tumbukan halus daun bayam secukupnya. Campur masker ini dan oleskan pada kulit wajah dan tunggu hingga kering, lalu bersihkan (boleh seminggu 3 kali).

Sehari dua kali tepuk-tepuk dengan air hangat yang dicampur dengan beberapa sendok apple cider vinegar (bisa beli di apotek atau supermarket).

Untuk perawatan dari dalam, minumlah campuran: temulawak, kencur sebesar ibu jari, sedikit asam, 5 lembar daun jintan dan adas pulosari. Haluskan bahan-bahan tersebut lalu tambahkan gula aren secukupnya dan air masak 1 gelas. Aduk-aduk ramuan ini, kemudian minum dengan ampasnya. Lakukan setiap hari dan minumlah sebelum tidur malam.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More