Minggu, 08 Januari 2012

Ingin Rambut Sehat,Seringlah Makan Ikan Laut

Rambut sehat yang berkilau memang dambaan semua orang.Tapi tahukah anda,untuk merawat rambut agar selalu indah,bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat yang biasa anda makan tiap hari.

Makan makanan dengan gizi seimbang yang meliputi banyak protein, zat besi, vitamin dan mineral akan membuat rambut tumbuh sehat dan berkilau.
Sumber nutrisi seperti omega-3 dan asam lemak, vitamin A, B, C dan D, seng dan zat besi merupakan nutrisi yang diperlukan untuk rambut tumbuh sehat. Asam lemak omega 3 membuat kulit kepala sehat. Vitamin A dan C membuat kelenjar minyak aktif dan membentuk pelembap alami buat rambut.

Dilansir dari detik beberapa jenis sumber nutrisi berikut ini bisa dikonsumsi secara teratur agar rambut selalu mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh. Kalau dikonsumsi secara teratur tentu saja rambut sehat sepanjang waktu akan Anda miliki.

Ikan Laut
Ikan salmon dan tuna serta berbagai jenis seafood sangat kaya akan omega 3. Jika Anda vegetarian, bisa menggantinya dengan 1 atau 2 sdm flaxseed dalam makanan harian.

Daging dan Sayuran
Vitamin bisa diperoleh dari produk hewani seperti pada ayam, susu, hati sapi. Sedangkan yang dari tumbuhan dalam bentuk betakaroten, alphacarotene dan betacryptoxanthin. Bisa didapat pada wortel, bayam, kangkung, mangga, pepaya, tomat, dan oatmeal. 

Selain itu untuk vitamin B, ada pada kubis, kedelai, kacang – kacangan, telur, beras merah dan gandum yang mengandung biotin atau vitamin B7 kompleks. Sedangkan untuk vitamin C, bisa ditemui pada buah jeruk dan lemon, kentang serta brokoli. Untuk vitamin E, bisa didapat pada kiwi, bayam, tomat dan almond.


 
Makanan kaya zat besi dan seng
Untuk menambah asupan zat besi bisa mengkonsumsi daging merah, kuning telur, sayuran berdaun hijau gelap (bayam), buah kering (kismis), ampela ayam, kerang dan scallop. Sedangkan untuk seng (zinc) bisa didapat dari daging sapi, kepiting, daging babi, sereal, ayam, dan kacang panggang.

Jika minum suplemen vitamin dan mineral, sebaiknya minum sesuai takaran terutama jika Anda sudah makan dengan takaran gizi seimbang. Menurut Eliezer Rachmilewitz, MD, dari Edith Wolfson Medical Center, Holon, Israel, mengkonsumsi zat besi terlalu banyak bisa membuat sel rambut mati dan rambut jadi rusak.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More