Minggu, 08 Januari 2012

Perempuan Ngorok Saat Tidur,Ini Penyebabnya

Ngorok tidak hanya dialami oleh pria.Kaum wanita juga dihinggapi masalah tidur yang satu ini.Namun kebanyakan wanita ngorok di pengaruhi oleh hormon-hormon yang berkembang pada tubuhnya.
Dilansir dari Buzzle berikut penyebab wanita ngorok saat tidur :

1. Obesitas
 
Kegemukan membuat perempuan lebih sering mendengkur saat tidur karena banyak timbunan lemak di leher. Karena saat tidur jaringan di saluran napas banyak yang diistirahatkan, timbunan lemak di leher menekan saluran napas sehingga memicu suara mendengkur.


2. Menopause
 
Perempuan lebih banyak mendengkur di atas usia 40 tahun, karena pada usia tersebut umumnya sudah masuk masa menopause. Berkurangnya produksi hormon esterogen memicu dengkuran saat tidur karena hormon tersebut merupakan stimulan bagi saluran napas yang menjaga agar tidak melemah saat tidur.


3. Posisi tidur

 Perempuan lebih mudah mendengkur jika posisi tidurnya telentang atau menghadap ke atas. Pada posisi tersebut, pangkal lidah tertarik gravitas hingga menekan tenggorokan dan menyumbat saluran napas. Cobalah tidur dengan posisi miring, lalu mintalah masukan pada suami apakah dengan posisi tersebut masih mendengkur.


4. Alkohol
 
Salah satu efek alkohol adalah memicu relaksasi otot, termasuk di saluran napas. Sama halnya dengan laki-laki, perempuan juga makin rentan mengalami penyempitan saluran napas pada saat tidur jika sering mengonsumsi alkohol.


5. Infeksi dan radang

Sinusitis, pilek dan alergi bisa membuat saluran napas menyempit sehingga perempuan yang memiliki gangguan tersebut cenderung lebih sering mendengkur. Radang juga bisa dipicu oleh asap rokok, karenanya berhenti merokok bisa membantu meredakan dengkuran pada perempuan.


6. Anatomi yang tidak normal
 
Mendengkur lebih banyak dialami orang-orang yang memiliki tonjolan tonsil lunak dan memanjang di kerongkongan. Tonjolan tersebut akan bergerak masuk saat menarik napas, lalu keluar saat menghembuskannya kembali. Makin panjang tonjolannya, makin besar kemungkinannya untuk mendengkur.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More