Minggu, 08 Januari 2012

Tambah Berat Badan dengan cara Sehat

Bertubuh lansing memang jadi dambaan setiap orang,Namun berbadan terlalu langsing alias kurus bisa jadi masalah bagi setiap orang khususnya wanita,tidak itu saja,bertubuh terlalu kurus juga rentan terhadap penyakit.

Tubuh yang terlalu kurus memang cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga rentan terhadap infeksi, komplikasi bedah dan waktu pemulihan. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan berat badan secara sehat.

Dilansir dari MedicineNet.com berikut beberapa cara sehat yang bisa dilakukan untuk menaikkan berat badan :

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalori, vitamin dan mineral tinggi.

2. Mengonsumsi makanan dengan keseimbangan yang tepat, rasio yang disarankan adalah 60-70 persen karbohidrat, 10-15 persen protein dan sejumlah kecil lemak.

3. Membatasi konsumsi air atau cairan setengah jam sebelum dan sesudah makan, karena kalau banyak minum sebelum makan akan membuat perut kenyang sehingga nafsu makan berkurang.

4. Mengonsumsi jus seperti apel, peach, jeruk atau pisang untuk meningkatkan asupan kalori.

5. Mengonsumsi beberapa sumber lemak baik yang berasal dari makanan seperti kacang, alpukat, minyak zaitun dan lemak ikan (salmon dan mackerel).

6. Mengambil beberapa cemilan diantara waktu makan seperti yogurt atau buah-buah kering.

7. Mengonsumsi susu secara teratur, karena tidak saja mengandung kalori tapi juga nutrisi penting lainnya seperti protein, vitamin dan mineral, serta mengandung bakteri sehat yang bisa membantu sistem pencernaan.


 
8. Berolahraga secara teratur karena akan membuat tubuh tetap fit dan energik. Kondisi ini bisa membantu mengembangkan otot-otot tubuh yang ramping menjadi lebih berbentuk, serta meningkatkan nafsu makan.

9. Selalu berpikiran positif, karena pikiran bisa mempengaruhi pola makan dan juga proses pencernaan yang terjadi.

10. Mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang cukup 7-8 jam secara teratur.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More