Minggu, 15 Januari 2012

Obesitas Turunkan Kepuasan Seksual

Obesitas tak hanya memengaruhi estetika tubuh tapi juga berdampak buruk bagi kesehatan. Mulai memicu timbulnya penyakit mematikan dalam tubuh, hingga menurunkan tingkat kepuasan seksual, terutama untuk wanita.

Tim Universitas Duke melakukan penelitian terhadap 91 pria obesitas dan 134 wanita gemuk. Mereka meminta responden menjawab kuesioner, berisi sembilan pertanyaan, mengenai ketertarikan, hasrat, gairah, orgasme, kepuasan, perilaku, hubungan, masturbasi dan seksualitas.

"Kami menemukan bahwa ada kepuasan seksual dan kualitas kehidupan seksual yang lebih rendah pada wanita dibandingkan pria," kata Dr Truls Ostbye, profesor di departemen kemasyarakatan dan kedokteran keluarga yang terlibat dalam penelitian, seperti dikutip dari laman Yahoo News.

Meski demikian, baik pria maupun wanita dengan obesitas, sama-sama memiliki kualitas seksual yang rendah dalam hidup mereka. "Temuan kami berkontribusi pada pertumbuhan badan penelitian yang menunjukkan obesitas berhubungan dengan penurunan fungsi seksual serta kualitas hidup seksual antara pria dan wanita."

Dokter harus menyadari masalah ini serta memberikan edukasi dan informasi kepada pasien dengan obesitas. Mereka yang memiliki masalah kelebihan berat badan perlu mendapat kesempatan untuk memahami dampak buruk obesitas terhadap kualitas hidup, termasuk kualitas kehidupan seksual.

"Karena begitu banyak diskriminasi untuk para penderita obesitas. Mereka menghargai penyedia layanan diskusi yang menciptakan lingkungan hangat dan mendukung untuk membahas isu-isu sensitif,"  kata Ronette L Kolotkin, anggota penelitian lainnya, seorang psikolog klinis.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More