Kamis, 10 November 2011

Apa Beda Flu dan Pilek?

Kita sering terserang kedua macam penyakit ini, tapi seringkali kita sulit untuk membedakannya. Pada saat sakit, sering disertai dengan nyeri menelan, batuk dan demam. Apakah ini yang disebut dengan flu (influenza) atau hanya pilek biasa saja?


Pada dasarnya, flu memberikan gejala yang lebih berat dibandingkan dengan pilek. Dan kita akan merasa lebih menderita bila sedang flu dibandingkan dengan pilek. Tapi memang bukan cara yang mudah untuk membedakannya. Oleh karena itu, mari kita bedakan satu persatu dari gejala yang mungkin terjadi.
Gejala Demam
Biasanya flu sering disertai dengan peningkatan suhu tubuh yang tinggi disertai menggigil, sedangkan pada pilek, demam jarang terjadi. Kalaupun ada, demam hanya berupa demam yang ringan.
Mulai timbulnya penyakit
Pada flu, biasanya terjadi secara mendadak. Sedangkan pada pilek, terjadinya secara perlahan-lahan.
Nyeri menelan dan batuk
Pada flu, biasanya tidak ada gangguan dalam menelan dan batuk, sedangkan pada pilek sering disertai dengan nyeri menelan dan batuk yang cukup berat.
Sakit kepala
Sakit kepala sering menyertai flu, sedangkan pada pilek biasanya tidak ada sakit kepala.
Nyeri otot atau ngilu dan rasa letih
Pada flu sering disertai dengan nyeri pada otot (ngilu) dan letih, sedangkan pada pilek jarang terjadi gangguan nyeri otot dan keletihan.
Nafsu makan
Pada flu sering penderita tidak mempunyai nafsu makan atau nafsu makannya menjadi berkurang, sedang pada pilek nafsu makannya normal seperti biasa.
Walaupun misalnya dalam kategori di atas ternyata termasuk dalam kategori pilek, itu tidak berarti menutup kemungkinan bahwa itu ternyata flu atau dapat juga pilek yang kita derita kemudian berlanjut menjadi flu, atau sebaliknya. Dan yang penting untuk diketahui juga, bahwa gejala flu pada anak dapat bermacam-macam sehingga kadang sulit untuk dibedakan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More