Minggu, 13 November 2011

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Definisi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)
Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi artinya tensi atau tekanan darahnya berlebihan atau tidak normal. Hipertensi sebenarnya merupakan akibat dari kerja keras jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Jika saluran darah pada jaringan seluruh tubuh sudah mengalami penebalan dan pengurangan elastisitas, tubuh akan berupaya menaikkan tekanan jantung agar distribusi darah dapat berlangsung normal. Namun, keadaan ini akan menyebabkan jantung menjadi cepat lelah dan rusak, sehingga fungsinya akan menurun.
Hipertensi menurut medis cenderung pula diakibatkan karena keturunan. Tekanan darah tinggi sangat berkaitan dengan penyakit jantung. Penyakit ini juga sering mengakibatkan stroke (kelumpuhan), bahkan menduduki angka tinggi penyebab kematian.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi
Terdapat beberapa faktor tenyebab tekanan darah tinggi antara lain :
1. Kelebihan berat badan.
2. Kurang berolahraga.
3. Sering merasa cemas.
4. Mengkonsumsi makanan yang berkadar garam tinggi.
5. Mengkonsumsi makanan berlemak tinggi.
6. Terlalu banyak minum alkohol.
7. Merokok.

Ciri-ciri dan Gejala Tekanan Darah Tinggi
Beberapa ciri hipertensi dan gejala tekanan darah tinggi sebagai berikut :
1. Saat bangun tidur, kepala bagian belakang terasa sakit.
2. Pelupa dan sulit konsentrasi.
3. Mudah marah.
4. Susah tidur.
5. Cepat letih dan lesu.
6. Terkadang sulit buang air.


Cara Mengatasi dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

1. Lakukan Olah Raga
Upayakan olah raga ringan rutin di pagi hari selama 30 menit saja. Olah raga ringan yang bisa Anda lakukan adalah jogging, jalan kaki, bersepeda santai, berenang, senam, atau aerobik. Jalani olah raga ringan ini dengan hati yang gembira dan banyak tersenyum.

2. Makan Makanan Yang Mengandung Kalium
Untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi , Anda juga bisa melakukan diet yaitu dengan memakan makanan yang mengandung Kalium, karena Kalium bermanfaat bagi tubuh untuk menekan kandungan garam yang kita makan dari makanan yang kita konsumsi. Usahakan untuk sering memakan buah pisang (mengandung 422 mg Kalium), kentang panggang dengan kulit (mengandung 738 mg Kalium ), Jus buah jeruk (mengandung 496 mg Kalium per gelas, Yougurt (mengandung 531 mg kalium per botol ).

3. Kurangi Penggunaan Garam Berlebih Pada Makanan
Jika Anda membeli makanan kemasan di supermarket, coba dilihat kandungan di natrium yang tertulis di kemasan. Perlu diketahui bahwa penderita hipertensi batas asupan garam yang direkomendasikan adalah 1500 mg per hari. Kenapa kita harus tetap mengkonsumsi garam? Karena garam mengandung Natrium yang diperlukan oleh tubuh kita.

4 . Jangan Merokok
Sebenarnya anjuran untuk tidak merokok berlaku untuk semua orang baik yang sehat, apalagi yang sakit. Perlu diketahui bahwa perokok lebih beresiko tinggi mengidap penyakit hipertensi daripada orang yang tidak merokok. Jika Anda mengidap penyakit hipertensi dan masih sering merokok, usahakan berhenti merokok sama sekali karena dengan tidak merokok dapat menurunkan tekanan darah Anda.

5. Jaga Berat Badan Ideal
Penelitian medis menunjukkan bahwa dengan menjaga berat badan ideal maka kerja jantung akan normal dan bisa menekan tekanan darah tinggi Anda. Akan tetapi sebaliknya, jika Anda mengalami obesitas atau kelebihan berat badan maka hal ini akan membuat kerja jantung Anda menjadi lebih berat karena banyak lemak menumpuk di saluran pembuluh darah Anda. Oleh karena itu, jagalah tubuh supaya tetap langsing.

6. Jangan Minum Atau Makanan Yang Mengandung Alkohol
Hindari minuman dan makanan yang yang mengandung alkohol, contohnya : minuman bir, tape, shake. Karena mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan resiko penyakit hipertensi.

7. Lakukan Relaksasi Untuk Menghindari Stress
Untuk menghindari stress maka Anda perlu melakukan relaksasi . Adapun cara relaksasi yang diajurkan adalah berdoa dan selalu ingat kepada Allah, senam jasmani, senam yoga, jalan di pagi hari, Olah raga pernapasan, dan meditasi. Jika Anda bisa menjalankan program relaksasi tersebut maka dapat membantu mengendalikan detak jantung Anda sehingga bisa mengurangi tekanan darah Anda.

8. Hindari Minuman Kopi Atau Minuman Yang Mengandung Kafein
Bagi orang yang sehat saja, terlalu banyak minum kopi adalah hal yang tidak baik bagi kesehatan, apalagi bagi penderita hipertensi. Karena kandungan kafein dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

9. Perbanyak Minum Air Segar
Dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 2.5 liter setiap hari, maka dapat meningkatkan kebugaran tubuh kita. Ingatlah, bahwa organ tubuh tersusun dari rangakaian sel yang membentuk jaringan, dan air adalah salah satu unsur terbanyak dan terpenting dalam pembentukan dan perkembangan sel.

Makanan dan Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi

Buah Mengkudu
Buah mengkudu ukuran sedang yang sudah cukup tua di cuci bersih, di iris-iris atau di parut, kemudian diperas airnya. Air perasan di minum sekaligus, 2 sampai 3 kali sehari.

Buah Belimbing
Buah belimbing yang besarnya sedang dan kondisinya agak matang. Buah belimbing diparut, kemudian diperas airnya sebanyak 1 (satu) gelas. Minumlah pagi dan sore selama 1 (satu) bulan.

Akar Pohon Pepaya
Akar pohon pepaya yang tinggi pohonnya 1(satu)meter. Cuci bersih akar tersebut dengan 1 (satu) liter air hingga mendidih dan tersisa 0,25 bagian air. Minum air rebusan tadi selagi masih hangat pagi dan sore. Akar pepaya ini dapat digunakan untuk maksimal 7 (tujuh) kali rebusan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More