Kamis, 10 November 2011

Pentingnya Keanekaragaman Pada Diet Anda

Pentingnya-Keanekaragaman-Pada-Diet-Anda
Ketika diet kita fokuskan pada satu hal, apakah itu adalah makan karbohidrat sesedikit mungkin atau hanya makan superfoods, masalah tetap dapat terjadi. Kita perlu variasikan diet, dan harus dilakukan secara terencana, sesuai dengan piramida makanan. Hal ini yang seharusnya menjadi tujuan dan fokus diet kita.
Superfood
Makanan seperti salmon, tomat, beri dan produk-produk susu sering disebut sebagai makanan super (superfood). Makanan ini memiliki kualitas yang dapat membantu kita menurunkan berat badan, memberikan asam lemak Omega-3 dan tinggi kadar vitamin dan mineral yang kita butuhkan.
Bagaimanapun juga makanan ini tidak menyediakan semua nutrisi yang kita butuhkan, dan apabila hanya fokus pada makanan ini maka dapat menyebabkan kekurangan nutrisi dan masalah kesehatan. Di sinilah pentingnya keanekaragaman, mendapatkan makanan yang tepat dengan cara yang benar.
Buah
Meskipun tidak selalu pada daftar superfoods, ada banyak manfaat dari makan apel. Apel mengandung air dan potassium yang tinggi. Kandungan serat pada apel dapat memberikan perasaan kenyang untuk kalori yang sangat sedikit.
Komponen B6 di pisang membuat buah ini harus Anda pertimbangkan untuk dimasukan ke dalam diet Anda. Seperti dengan apel buah ini kaya akan serat dan potassium.
Para herbalist menggunakan limau dan jus limau untuk berbagai tujuan, termasuk sebagai antiseptik. Jeruk ini juga tinggi flavonoid, yang dapat bermanfaat bagi jantung dan sistem kardiovaskular.
Sayuran
Jika Anda belum pernah makan kol segar, Anda mungkin terkejut saat mencicipinya. Sebenarnya kol merah sangat disarankan meskipun jarang ditemukan. Sayuran ini kaya akan vitamin, termasuk vitamin C dan K. Mereka yang mengkonsumsi sayuran ini akan menurunkan risiko terkena jenis kanker tertentu.
Kacang polong juga memiliki gizi yang tinggi, termasuk delapan vitamin dan tujuh mineral. Seperti sayuran lainnya, mereka juga kaya akan serat, yang membantu menjaga sistem pencernaan tetap bergerak dan mencegah tubuh menyerap sebagian lemak yang kita makan.
Daging Tanpa Lemak (Lean Meat)
Kita semua tahu bahwa salmon dan ikan air dingin lainnya tinggi asam lemak Omega-3, tetapi mereka bukan satu-satunya sumber. Daging tanpa lemak juga kaya akan Omega-3. Daging ini tidak selalu mudah ditemukan dan relatif mahal, akan tetapi manfaat kesehatannya sangat luar biasa. Jika Anda bosan dengan ikan, daging sapi ini dapat menjadi pilihan yang baik untuk Anda.
Saat mencari protein, Anda juga harus menghitung kadar lemak dan kolesterol yang dikandungnya. Percaya atau tidak, beberapa potong daging sapi dan babi memiliki lebih sedikit lemak dan kolesterol daripada sepotong tulang dada ayam tanpa kulit dan lemak.
Dengan memasukan berbagai buah-buahan segar, sayuran, dan biji-bijian ke dalam daftar makanan, Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda. Anda tidak perlu mengabaikan daftar superfoods, tetapi jangan hanya fokus pada makanan tersebut. Keragaman adalah hal yang baik pada piring makan malam Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More