Rabu, 09 November 2011

Makanan Manis Bikin Anda Cepat Tua


 

Makanan yang serba manis tentu sangat enak di lidah. Tetapi tahukah anda, bahwa terlalu sering makan-makanan yang manis bisa membuat anda terlihat lebih cepat tua?

Menjadi tua umumnya terjadi karena adanya proses penuaan sel, yang dipengaruhi oleh inflamasi. Sebab itu, jika ingin tampak awet muda, anda harus menghindarkan faktor penyebab yang dapat menimbulkan inflamasi.

Menurut dr. Nina Kemala Sari, Spesialis Penyakit Dalam dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI RSCM, penyebab inflamasi biasanya datang dari makanan, seperti misalnya makanan yang manis-manis, kaya karbohidrat sederhana, juga kaya akan lemak

Nina mengungkapkan, orang yang awet muda umumnya usia biologisnya terjaga dengan baik. Hal ini disebabkan proses inflamasi sel-sel tertunda, karena pemilihan makanan yang tepat.

“Jadi dia itu biasanya makan-makanan yang rendah gula, dan rendah lemak jenuh. Makanya kita bisa menunda usia biologis,” terangnya di sela-sela Media Edukasi Sehat dan Mandiri di Masa Tua dengan Menjaga Nutrisi Seimbang, Selasa, (24/5/2011) di Jakarta.

Nina memaparkan, seseorang yang memiliki tanda-tanda usia biologis yang baik dapat dilihat dari tekanan darah yang terkontrol baik, memiliki kebugaran pada saat beraktivitas, kekuatan genggam bagus, daya pikir tajam, kulit bercahaya, dan mata bersinar.

“Jadi kalau orang awet muda itu artinya, usia biologisnya lebih muda dari usia kronologis. Misal usianya 70 tahun, seperti orang umur 50,” tambahnya.

Gula sendiri, menurut Nina, baik untuk tubuh bila berguna sebagai sumber karbohidrat kompleks, terutama yang berasal dari buah-buahan. Namun ada gula yang tidak baik, yakni yang kaya akan karbohidrat sederhana (gula putih, gula merah).

“Jadi sumber dari karbohidrat kompleks bagus diambil. Tapi kalau karbohidrat sederhana (gula putih, merah) itu akan bikin cepat tua,” imbuhnya.

Nina juga memberikan gambaran betapa pemilihan jenis makanan dapat memengaruhi panjang usia seseorang.  Ia memberikan contoh orang Okinawa yang diketahui memiliki umur terpanjang dan tersehat di dunia. Bila dilihat dari piramida makanannya,  pada bagian puncak dari piramida makanan mereka (yang paling sedikit dimakan) adalah makanan yang manis-manis.

“Itu rahasia dan awet muda mereka. Kita harus membiasakan makan tidak pakai gula. Semua bisa karena terbiasa. Kalau nggak perlu sirup jangan minum sirup. Kalau mau yang manis, pilih buah,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More