Kamis, 10 November 2011

Berapa Banyak Lemak Yang Harus Anda Konsumsi Tiap Hari?

Hampir semua makanan yang Anda konsumsi memiliki kandungan lemak. Lemak memiliki berbagai macam fungsi pada tubuh, salah satunya mengangkut nutrisi penting menuju sel-sel dalam tubuh, membantu proses pencernaan makanan, dan menyediakan cadangan energi bagi Anda. Itulah sebabanya meskipun sedang berdiet, Anda tetap butuh mengkonsumsi lemak. Namun, jika lemak tersebut menumpuk terlalu banyak dalam tubuh maka akan menyebabkan masalah pada kesehatan Anda.
Lantas, berapa banyak lemak yang seharusnya Anda konsumsi?
Berapa banyak lemak yang harus Anda konsumsi setiap hari tergantung pada beberapa faktor seperti berat badan, tujuan diet, profil lemak tubuh, tingkat aktivitas, dan gaya hidup Anda. American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi konsumsi lemak maksimal 30% dari total kebutuhan kalori Anda. Namun jika Anda kelebihan berat badan, punya kadar kolesterol tinggi, atau memiliki riwayat penyakit tertentu, disarankan untuk mengonsumsi di bawah persentase itu.
Mengapa Anda Butuh Lemak?
Lemak sangat diperlukan untuk menunjang fungsi utama tubuh, seperti membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi. Kalori dalam molekul lemak (9 kalori per gram) menyediakan lebih dari dua kali energi sebanyak karbohidrat dan protein (4 kalori per gram), sehingga ketika sumber energi kita mulai menipis (glikogen dalam level rendah), maka tubuh akan mengambil energi dari lemak. Lemak dalam makanan mengangkut vitamin larut lemak menuju usus. Hal ini memudahkan penyerapan nutrisi penting seperti A, D, E dan K. Jika Anda kekurangan lemak maka Anda berisiko kekurangan vitamin-vitamin tersebut.
Mengapa Anda Harus Membatasi Lemak?
Alasan utama kenapa Anda harus membatasi lemak adalah kandungan kolesterolnya yang tinggi. Kolestrol bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang bisa mengakibatkan serangan jantung, stroke, hingga kematian. Selain itu, jika Anda kelebihan berat badan, maka Anda perlu membatasi konsumsi lemak agar tidak terjadi kelebihanasupan kalori dalam tubuh Anda. Namun demikian, untuk mencukupi kebutuhan Anda akan lemak, pilihlah lemak yang sehat yaitu asam lemak Omega 6 ataupun Omega 3 agar tetap sehat.
Jadi, lemak akan bermanfaat bagi Anda jika dikonsumsi sesuai kebutuhan dan akan membawa masalah bagi Anda jika dikonsumsi secara berlebihan. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi lemak sehat yang terdapat pada buah-buahan seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak canola atau zaitun. Jangan lupa untuk rajin berolahraga agar tubuh tetap sehat serta terhindar dari penumpukan lemak.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More