Kamis, 10 November 2011

Khasiat Semangka


Semangka berasal dari daerah tropik dan subtropik Afrika. Buah ini tumbuh menjalar di atas tanah dan memanjat dengan sulur-sulur. Buah ini memiliki warna kulit yang beragam, seperti hijau tua, kuning keputihan, hijau muda bergaris putih. Warna dagingnya juga bervariasi, mulai dari merah, merah muda, jingga, kuning, bahkan ada juga yang berwarna putih. Ada yang berbiji dan tanpa biji.

Biji semangka yang telah diolah dapat menjadi kuaci. Setelah mencuci kumpulan biji semangka, jemur, setelah dingin rendam dalam air garam seharian, jemur kembali di panas matahari. Lalu kuaci pun siap dinikmati. Selain biji, kulit dan buah mengandung antosianin, yang bersifat dingin.

Semangka berkhasiat sebagai :
  1. Penyejuk tubuh
  2. Merangsang keluarnya urine, sehingga baik bagi Anda yang mengalami gangguan buang air kecil
  3. Anti radang, demam, dan sariawan
  4. Pelumas usus
  5. Menghilangkan rasa haus
  6. Melawan gejala penyakit yang ditandai dengan seringnya berkeringat, rasa haus, suhu tubuh yang tinggi, warna urine yang jernih, mudah marah, dan diare
  7. Semangka mengandung kadar likopen, yang merupakan salah satu komponen karotenoid yang cukup tinggi untuk mengurangi risiko kanker prostat, meningkatkan kualitas sperma, memperbaiki struktur sperma, dan juga meningkatkan pergerakan sperma.
  8. Kandungan air dan kaliumnya yang tinggi dapat menetralisir tekanan darah sehingga baik juga bagi Anda penderita tekanan darah tinggi.
  9. Memberantas bibit kanker mulut rahim.
  10. Memberantas bibit kanker pankreas.
  11. Memberantas bibit kanker pencernaan (kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, dan kanker anus).
  12. Mempergiat kerja jantung.
  13. Membantu sel-sel tubuh tetap sehat karena semangka mengandung antioksidan, betakaroten, dan vitamin C.
  14. Menyehatkan ginjal (mencegah dan menghancurkan batu ginjal).
  15. Membersihkan ginjal dan meningkatkan keluarnya urine.
  16. Memulihkan gangguan kesehatan pada lansia.
  17. Meningkatkan kemampuan mental.
  18. Mempertajaman daya ingat, sehingga tidak mudah pikun.
  19. Mempercepat penurunan berat badan. Saat makan, prioritaskan hidangan penutup disantap terlebih dahulu. Ambil buah segar, jangan pudding. Makanlah sebanyak yang Anda mampu. Karena banyak mengandung 92% air dan serat, dengan kandungan kalori yang sedikit pula dapat mengaktifkan reseptor dalam perut yang kemudian akan memberi signal kenyang pada otak.
  20. Memerangi radikal bebas yang berlangsung tidak terkendali akibat pola makan yang tidak teratur dan polusi
Makanan berserat tinggi dapat memiliki fungsi sebagai penangkap butir lemak dan kolesterol, lalu membawanya keluar tubuh melalui feses. Buah ini bebas kandungan lemak, memiliki kombinasi kadar gula terbatas, dan air yang melimpah. Konsumsi semangka yang baik adalah pada saat perut kosong dan tidak dicampur dengan makanan atau minuman apa pun. Namun interval antara semangka dan makanan lain harus tetap seimbang. Mengonsumsi semangka yang berlebihan juga dapat mengakibatkan pelonjakan kadar gula darah.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More