Kamis, 10 November 2011

Manfaat Bengkoang

[bengkoang.jpg]
Bengkoang ternyata memiliki khasiat sebagai obat. Kegunaan bengkuang antara lain untuk mengatasi penyakit kulit, demam, eksim, dan wasir. Bengkoang mulanya berasal dari Amerika tropika, kemudian menyebar ke seluruh daerah tropika lainnya.
Tanaman ini masuk ke Indonesia dari Manilamelalui Ambon pada abad ke-17. Sejak itu, bengkoang dibudidayakan di seluruh negeri.
Bengkoang merupakan tanaman terna merambat yang dibudidayakan terutama untuk mengambil umbinya. Daun tanaman ini majemuk, beranak daun tiga.
Bunganya tersusun dalam tandan yang panjangnya 15 sampai 25 centimeter. Buahnya berbulu halus, berbentuk polong yang berisi empaat sampai sembilan biji.
Umbi akarnya berwarna putih, berbentuk gasing, kulitnya mudah dikupas. Perbanyakan tanaman dilakukan dengan stek batang, umbi, maupun biji. Bengkoang banyak dibudidayakan di Jawa dan Maduraa, di dataran rendah.
Untuk memperoleh umbi yang baik bunga harus selalu dibuang. Setelah satu sampai tiga minggu ditanam, biji mulai berkecambah. Pada beberapa varietas seperti bengkoang gajaha, bengkoang sudah dapat dipanen ketika berusia empat sampai lima bulan.
Tetapi, ada yang dipanen sampai berusia tujuh bulan yaitu bengkoang badur. Umumnya, bengkoang dipanen ketika berumur enam sampai sebelas bulan.
Bengkoang bisa digunakan untuk pemakaian obat luar dan dalam. Untuk pemakaian luar, bengkoang secukupnya dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Pada pemakaian dalam, bengkuang dikupas kulitnya lalu dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.
Khasiat bengkoang
  • Mengatasi penyakit kulit. Bbiji bengkuang dan belerang (masing-masing secukupnya) dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.
  • Jika mengidap diabetes. satu atau dua bengkuang diparut lalu disaring dan diminum setiap pagi dan malam hari.
  • Sebagai obat demam. umbi bengkuang dikupas kulitnya lalu dibuat manisan dan dimakan.
  • Mengatasi eksim. umbi bengkuang dikupas kulitnya dan dimakan secara langsung. Lakukan secara rutin empat kali seminggu.
  • Mengatasi wasir. satu buah bengkuang dijus lalu diminum tiap bangun tidur pagi.
Lulur Bengkoang
Bengkoang memiliki sifat kimiawi dan fermakologis yang manis, dingin, sejuk, sehingga memiliki khasiat mendinginkan kulit. Kandungan antiseptik dalam bengkoang mampu mengatasi gatal-gatal di kulit, selain itu lulur bengkoang juga mengencangkan kulit sehingga kekenyalannya dapat terjaga.
Kandungan kimia bengkoang adalah pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan C. Campuran jeruk nipis dalam lulur bengkoang menyegarkan kulit, dan olive oil nya melembabkan(Pachyrrhizus erosus) dikenal baik oleh masyarakat kita. Umbi tanaman bengkoang biasa dimanfaatkan sebagai buah atau bagian dari beberapa jenis masakan. Umbi tersebut bisa dimakan segar, dibuat rujak, ataupun asinan. Bengkoang ternyata memiliki khasiat sebagai obat. Kegunaan bengkoang antara lain untuk mengatasi penyakit kulit, diabetes, demam, eksim, sariawan, dan wasir.
Lulur bengkoang berkhasiat untuk mencerahkan warna kulit sehingga tampak lebih putih/terang. Dengan lulur Bengkoang seluruh kulit mati akan terangkat bersama – sama dengan lulur Bengkoang ini
Cara pakai :
1. Bagian yang akan di beri lulur di olesi Message Oil yang berfungsi untuk mencegah gesekan / lecet pada kulit dan memberikan kelembutan pada proses peluluran.
2. Campurkan lulur bubuk dengan air atau messeage oil
3. Ratakan kesuluruh tubuh
4. Diamkan 1-2 menit
5. Kemudian gosok perlahan sampai kotoran pada kulit ikut terbawa bersama.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More