Kamis, 10 November 2011

Sarapan yang Sehat


Semua orang tahu bahwa sarapan merupakan kegiatan makan yang paling penting dalam sehari. Tapi, tahukah anda akibatnya bila sarapan yang anda lakukan tidak sehat?
Sarapan merupakan kegiatan makan yang penting dan cara yang paling pas untuk mencukupi kebutuhan energi awal tubuh dalam sehari. Ibarat mesin mobil, saat dingin memerlukan energi yang lebih besar untuk memanaskannya agar dapat bekerja optimal. Jadi, jangan pernah memandang remeh sarapan ini.
Pada orang orang yang ingin menjaga berat badannya, saat sarapan mereka makan dalam porsi besar sementara saat makan malam mereka makan dalam porsi yang kecil. Mengapa? Karena pada siang hari pembakaran kalori lebih besar daripada malam hari akibat perbedaan aktifitas yang dilakukan.
Nah, bagaimana jika tidak sarapan? Tubuh anda akan mengalami penurunan metabolisme seperti saat anda tidur. Akibat penurunan ini, tubuh anda akan mengalami kekurangan energi untuk melakukan aktifitas sehingga anda akan merasa lemas saat melakukan kegiatan di pagi hari. Kompensasinya, tubuh akan membakar cadangan energi yang ada dalam bentuk lemak, sayangnya proses ini memerlukan waktu yang lama sehingga tidak langsung anda rasakan saat itu juga.
Lalu, jenis makanan yang bagus untuk sarapan itu apa saja? Bila aktifitas yang anda lakukan tidak terlalu berat, anda cukup sarapan dengan dua potong roti ditambah dengan sebutir telur dadar. Karbohidrat dan serat yang terkandung di dalam roti sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan energi anda di pagi hari.
Bila anda memiliki cukup waktu untuk menyiapkan sarapan terutama saat liburan, anda dapat memilih menu yang lebih bervariasi dan sehat untuk sarapan. Yang utama adalah dalam setiap menu atau jenis makanan yang anda pilih sudah cukup mengandung kalori, protein dan lemak serta vitamin dan mineral.
Jika anda saat ini sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, anda harus mengurangi makanan yang terlalu tinggi kadar kalorinya seperti telur, susu dan makanan berlemak lainnya.
Jangan melupakan buah buahan dalam setiap sajian sarapan sebab buah buahan yang tinggi kadar serat, vitamin dan mineralnya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan. Apel, pisang dan jeruk merupakan contoh buah yang sangat bagus dikonsumsi di pagi hari.
Kesimpulannya, dengan sarapan yang sehat, anda tidak perlu mengkhawatirkan kebutuhan nutrisi tubuh di pagi hari dan anda dapat memfokuskan pikiran ke pekerjaan yang anda lakukan. Begitu pula dengan anak anda, ia akan dapat belajar dengan baik di pagi hari.
Sudahkah anda sarapan pagi ini?

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More