Kamis, 10 November 2011

Makanan Penjajah Otak



Es krim dan burger adalah makanan pasti sangat diminati oleh semua orang, terlebih anak-anak. Makanan ini memiliki daya tarik tersendiri, bahkan seolah-olah memanggil orang untuk memakannya.

Tetapi tahukah Anda bahwa makanan ini sangat menjajah otak Anda? Penelitian yang dilakukan di University of Texas Southwestern Medical Center, Dallas, Amerika Serikat menjelaskan bahwa lemak dari makanan tertentu seperti es krim, daging sapi, mentega, keju, susu dan burger dapat mempengaruhi otak Anda.

Molekul lemak memicu otak untuk mengirim pesan ke sel-sel tubuh, dan memperingatkan mereka untuk mengabaikan sinyal penekan selera makan dari leptin dan insulin, yaitu hormon yang terlibat dalam pengaturan berat badan, selama tiga hari. The Journal of Clinical Investigation dituliskan bahwa diet dapat membatasi asupan lemak yang masuk kedalam tubuh.

Hewan-hewan percobaan ini menerima jumlah kalori yang sama dan hanya jenis lemaknya berbeda. Jenis ini termasuk asam palmitat, asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh oleat yang ditemukan dalam minyak zaitun dan biji anggur. "Tindakan itu sangat spesifik untuk asam palmitat, yang sangat tinggi dalam makanan yang kaya lemak jenuh," kata Deborah Clegg, salah seorang peneliti.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More