Rabu, 09 November 2011

Duduk Lama Bisa Berisiko Terkena Kanker Payudara

 

Duduk Lama Bisa Berisiko Terkena Kanker Payudara – Sebelumnya, telah diungkapkan bahwa kebiasaan duduk terlalu lama bisa menyebabkan penggumpalan darah, bahkan kematian. Kini, penelitian terbaru kembali menunjukkan bahwa duduk lama juga bisa membuat orang terserang kanker.
Sebuah penelitian berskala besar yang dipaparkan dalam konferensi tahunan, American Institute for Cancer Research, telah mengungkapkan adanya hubungan kuat antara aktivitas seseorang dengan pertumbuhan sel yang tak teratur.

Para peneliti mengatakan, terdapat 92 ribu kasus mengenai kanker payudara dan usus besar dalam setahun yang dikaitkan dengan kurangnya olahraga. Dengan adanya hasil penelitian itu, orang diwajibkan bergerak selama satu hingga dua menit ketika sedang duduk lama.

Pemimpin penelitian, Dr Christine Friedenreich dari Alberta Health Services Cancer Care di Kanada menerbitkan penemuannya tersebut dalam jurnal Cancer Prevention Research. Ia menegaskan bahwa berjalan-jalan setiap hari dapat dengan cepat mengurangi beberapa kunci indikator biologis dari kanker, seperti hormon seksual, resistensi insulin, peradangan dan bertambahnya berat badan.

“Pada kanker payudara dan usus besar, misalnya, kita melihat adanya penurunan risiko keseluruhan sekitar 25 hingga 30 persen terkait dengan tingkat aktivitas fisik yang tinggi,” ujar Dr Christine Friedenreich.

“Angka-angka ini sangat kuat. Intinya, untuk semua jenis kanker umum, hal sederhana seperti berjalan cepat selama 30 menit dalam sehari dapat bantu mengurangi risiko kanker,” tambahnya.

Sementara itu, Neville Owen, kepala epidemiologi perilaku di Baker IDI Heart and Diabetes Institute di Australia, yang juga melakukan penelitian mengenai aktivitas dan kanker, menyatakan setuju dengan hasil Dr Christine. Penelitian Owen menyarankan bahwa olahraga yang sangat singkat dapat mengurangi risiko kanker.

Untuk orang yang banyak menghabiskan waktunya dengan duduk, ada baiknya menerapkan tips-tips berikut ini:

1. Atur timer pada komputer untuk mengingatkan sudah waktunya menjauh dari meja dan berjalan-jalan sebentar di gang kantor.
 
2. Daripada mengirim email kepada rekan kerja, sebaiknya berbincang saja sambil jalan-jalan.
 
3. Jika memungkinkan, berdiri dan berjalan-jalanlah ketika berbicara lewat telepon dan memberikan presentasi dalam pertemuan. (Wolipop.com/eya/eya)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More