Kamis, 10 November 2011

Diet Soda, Apakah Lebih Baik?

Diet soda seringkali dikonsumsi dengan tujuan untuk menggantikan konsumsi minuman bersoda biasa atau reguler yang memiliki kandungan gula dan kalori cukup tinggi. Mengkonsumsi diet soda dalam jumlah yang wajar, misalnya 1 kaleng per hari, masih dianggap aman, karena kandungan pemanis buatan dan bahan-bahan kimia lain di dalamnya masih dalam batasan yang aman bagi kebanyakan orang.
Akan tetapi, diet soda bukanlah minuman yang menyehatkan bagi Anda, terutama yang sedang dalam program diet. Meskipun menggantikan minuman bersoda biasa dengan diet soda akan membuat Anda mengurangi cukup banyak kalori untuk dikonsumsi, namun beberapa penelitian menyatakan bahwa makin banyak konsumsi minuman bersoda – baik diet soda maupun yang reguler – akan meningkatkan nafsu makan Anda sehingga resiko terkena obesitas dan penyakit terkait seperti diabetes mellitus pun akan meningkatkan, serta meningkatkan resiko terkena osteoporosis.
Penelitian lain juga menemukan bahwa mengkonsumsi lebih dari 1 kaleng minuman bersoda per harinya akan meningkatkan resiko terkena metabolic syndrome sebanyak 40%. Metabolic syndrome merupakan faktor resiko utama terjadinya penyakit jantung dan diabetes.
Pilihan minuman yang lebih sehat masih banyak tersedia. Tentu saja yang paling baik adalah air putih, yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah cukup, yaitu 8 gelas per hari. Untuk variasi, daripada mengkonsumsi minuman bersoda, Anda bisa mengkonsumsi jus buah, susu rendah lemak atau teh hijau.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More