Jumat, 04 November 2011

6 Trik Mengatasi Kebiasaan Buruk Anda



























POLA MAKAN adalah kebiasaan yang sangat tergantung pada orang-orang yang hidup bersama kita atau ’teman gaul’ kita sehari-hari. Tergantung juga pada tempat tinggal kita, dan emosi kita. Waspadai situasi-situasi yang biasa mendorong Anda untuk makan berlebihan.
Tanpa kita sadari kebiasaan makan kita yang ’buruk’ dapat mengarah pada asupan kalori berlebihan. Misalnya makan cepat, makan dengan suapan besar. makan ketika tegang atau bosan, menghabiskan porsi besar makanan ketika tidak lapar.

Atasi Kebiasaan Buruk Anda
 

1. Jangan makan sementara melakukan pekerjaan lain, misalnya menonton teve, membaca. Makanlah hanya di meja makan, bukan di depan kulkas sambil berdiri.

2. Jangan makan cepat-cepat. Mengunyah pelan-pelan memberi kita waktu untuk menyadari rasa kenyang. Jangan makan dengan tangan, gunakan peralatan makan. Potong makanan dalam keratan-keratan kecil. Jangan penuhi dulu garpu Anda sampai isi mulut Anda tertelan habis.

3. Jangan membeli makanan berkalori tinggi yang bisa menjadi masalah. Berbelanjalah dengan menggunakan daftar belanjaan untuk mencegah ’lapar mata’. Hindari berbelanja dengan anak-anak.

4. Rencanakan hidangan di awal, bertahanlah dengan menu yang Anda pllih.

5. Rencanakan suatu strategi untuk menghindari makan dan minum tanpa terkontrol pada pesta-pesta, atau ketika emosi memaksa Anda mengemil. Camkan berulang-ulang dalam pikiran Anda, apa yang akan Anda lakukan dalam situasi seperti itu. Ingatkan diri Anda beberapa kali sehari bahwa Anda dapat mengontrol tindakan Anda dan bahwa Anda bisa bersikap tegas. Cari saran atau pelatihan tentang berbagai strategi semacam ini.

6. Berjanjilah pada diri sendiri, setiap kali bila Anda merasakan adanya dorongan untuk mengemll Anda akan melibatkan diri dalam suatu aktivitas yang menjauhkan diri Anda dari makanan, misalnya berjalan kaki, mengosok gigi. menelepon seorang kawan. Bila Anda makan karena bosan. Carilah hobi baru atau minat baru yang mengharuskan Anda keluar rumah Anda bahkan dapat mendaftarkan diri dalam suatu kursus.
Catatan: Orang-orang yang bermasalah dan mengidap eating habit disorder Sebaiknya melakukan konseling. Mintalah rujukan dari dokter Anda untuk berobat ke spesialis.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More