Jumat, 04 November 2011

7 Kesalahan Umum pada Diet Anda







































INILAH 7 kesalahan umum tentang diet & nutrisi yang justru akan membuat diet Anda...gagal.

Anda sama sekali tidak mengkonsumsi lemak
Para ahli setuju bahwa diet rendah lemak merupakan cara bagus untuk mengikis kelebihan berat badan. Tapi, peneiitian baru-baru ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi sedikit lemak sehat (terutama lemak jenuh tunggal), yang dikombinasikan dengan diet tinggi serat dan protein, dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Cara ini, seperti dikatakan Penny Kris Etherton, Ph.D.,R.D., profesor nutrisi dari Pennsylvania State University, akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Anda pun jauh lebih teguh untuk tetap menjalankan program penurunan berat badan.


Terlalu banyak ’larangan’
Banyak wanita yang memblack-list makanan-makanan kesukaan mereka. Alasannya karena ada beberapa jenis diet mengatakan semua makanan itu berbahaya dan bisa membuat tubuh mereka ’menggelembung’. "Anda tidak bisa melihat makanan secara parsial," kata Dayle Hayes, M.S., R.D., konsultan nutrisi dari Billngs, Mont. "Ketika Anda menyingkirkan sekelompok jenis makanan, maka Anda membuang berbagai nutrisi penting." "Membuat ’daftar makanan yang tidak boleh dimakan’ bisa dibilang merupakan gaya diet tertua di dunia," tambah Robyn Flipse, R.D., konsultan nutrisi. Padahal yang penting adalah cara berbelanja atau menyiapkan makanan untuk dirinya dan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Contohnya saja, jika Anda sama sekali tidak minum susu, makan diary product atau kacang, berarti Anda kehilangan beberapa sumber protein terbaik. Jika Anda menghindari konsumsi ikan yang kaya lemak seperti salmon, sardin atau tuna, maka Anda menyingkirkan sumber asam lemak omega 3 yang sangat penting.


Anda terkena ’amnesia’
Penelitian menunjukkan bahwa banyak orang yang lupa apa saja yang telah dimakannya Selama seharian atau pura-pura tidak tahu apa yang tidak begitu tampak pada makanannya (seperti misalnya saus, gula atau lemak yang tersembunyi pada makanannya). Selain itu, sangatlah mudah untuk ’melupakan’ kalori yang Anda dapat lewat mengemil. Tapi ingat, tubuh tidak pernah berbohong. Hasilnya akan Anda lihat pada ukuran bokong, perut dan paha Anda yang membesar.


"Saya pernah mengikuti teman saya seharian dan begitu terpana karena betapa mudahnya ia lupa apa saja yang telah ia makan," ucap Ann Litt, M.S., R.D., L.D., ahli gizi dan pengarang buku The College Student’s Guide to Eating Well on Campus (Tulip hill Press, 2000). "Terlalu banyak gigitan kecil dan sesapan jika dikumpulkan bisa sama dengan satu kali makan lengkap jika Anda tidak hati-hati," tambahnya.

Diet yang tidak sesuai gaya hidup Anda
Memiliki keinginan untuk makan sehat dan menurunkan berat badan tentu sangat baik. Tapi, Jika tidak ditangani dengan sikap proaktif dan personal, maka diet dengan tujuan yang paling bagus pun bisa berujung pada kegagalan.


Untuk membuatnya nyata, cobalah lihat gaya hidup Anda dan tentukan cara apa yang kiranya dapat berhasil dan apa yang tidak bagi Anda. Bila di sekitar tempat Anda bekerja tidak ada tersedia masakan sehat, tidak ada salahnya Anda membawa bekal dari rumah. Atau mencoba berlangganan rantangan diet untuk memperoleh makanan sehat dan rendah kalori. Atau selalu memesan makanan setengah porsi saat Anda makan di luar.

Menjadi vegetarian? Agar langsing?
Anda kira tidak makan daging sama sekali akan membuat lemak di tubuh Anda berkurang? Coba pikirkan lagi. Karena sebenarnya banyak alasan yang lebih baik untuk menjadi vegetarian, dan menurunkan berat badan bukanlah salah satunya. Mengapa? Banyak wanita yang menyingkirkan daging tidak berhasil menurunkan bobotnya karena sebenarnya mereka tidak makan daging dalam jumlah banyak.


Pada kenyataannya, banyak para ’vegetarian instan’ justru bertambah berat badannya karena mereka mengganti daging dengan seporsi besar mie, nasi, atau kue. Padahal semua makanan tersebut memiliki kandungan kalori yang hampir sama besar dengan daging, malah tidak mengandung protein yang membuat Anda lebih bertenaga. Untuk menjadi seorang vegetarian butuh lebih dari sekedar mengganti daging dengan tahu atau selalu makan sayur saja setiap harinya. Menjadi vegetarian merupakan sebuah proses yang terrnasuk di antaranya menciptakan pola belanja baru dan kebiasaan masak.
Untuk perubahan perlahan-lahan, cobalah beli buku menu masak vegetarian. Boleh juga bila Anda berkonsultasi dengan ahli gizi untuk membuat rencana makan yang memuaskan lidah Anda dan sekaligus mencukupi kebutuhan gizi Anda.
Berat badan Anda bertambah 2 digit
Sangatlah mudah menambah berat badan sebanyak 2 kilogram, tapi juga cukup mudah untuk menguranginya kembali. Anda dapat mengikis kelebihan bobot 2 kg tersebut dalam waktu sebulan tanpa membuat penyesuaian yang esensial pada kalori yang Anda konsumsi setiap harinya. Untuk menghilangkan 1/2 kg, Anda cukup mengurangi 3500 kalori bisa dengan me-ngurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi atau dengan berolahraga lebih keras untuk membakar lebih banyak kalori. Dengan mengurangi sekitar 500 kalori setiap harinya, Anda bisa membuang 1/2 kg dalam seminggu, atau sekitar 2 kg dalam sebulan.


Tapi, bila bobot Anda bertambah 5 kg atau lebih, maka Anda butuh membuat sebuah komitmen yang lebih besar. Itu setidaknya bisa memakan waktu dua bulan, atau Anda harus mengurangi lebih banyak kalori dari makanan setiap harinya dan menambah jadwal olahraga Anda. Dan jelas ini bukanlah skenario yang realistis.

Untuk menghentikan kenaikan berat badan pada awalnya, buatlah diary diet untuk melacak kalori yang masuk dan emosi Anda yang berkaitan dengan makanan. Lalu timbang diri Anda pada waktu yang sama setiap minggunya. Demikian saran Dwan Jackson, R.D., jurubicara untuk the American Dietetic Association. Lebih baik lagi Jika Anda memeriksa body fat Anda setiap bulannya. Dengan mereview kemajuan Anda secara regular dan membuat penyesuaian kecil pada pola makan dan kebiasaan olahraga Anda, maka dapat dipastikan akan ada perubahan pada angka di timbangan.

Selalu ada rencana
Sangatlah normal untuk merasa lapar, karenanya daripada menyangkal ’panggilan alam’ ini rencanakan waktu Anda agar di saat iapar Anda makan tepat pada waktunya. Sebab Jika tidak, Anda cenderung untuk kehilangan kontrol dan makan berlebihan. "Sebaiknya Anda tidak bepergian lebih dari empat hingga lima jam tanpa makan terlebih dahulu," saran Evelyn Tribole.R.D., konsultan nutrisi di Irvine, California. "Bawalah makan siang ke kantor, bila Anda tidak suka menu makanan di kantin. Bawa juga snack sehat seperti buah-buahan, nonfat yogurt, atau kacang rebus yang bisa Anda makan saat di kendaraan atau di seia-sela makan siang".

a

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More