Selasa, 08 November 2011

Aromaterapi Ternyata Membahayakan

Aromatherapy atau aromaterapi biasa kita gunakan sebagai media yang dipercaya bisa memberikan efek rileks pada orang yang menghirupnya. Aroma wangi dari aromaterapi juga dipercaya bisa menghilangkan kepenatan. Bahkan, kini banyak obat-obatan yang menambahkan aromaterapi dalam produknya, seperti obat masuk angin.

Tapi tahukah anda bahwa aromaterapi ternyata cukup membahayakan kesehatan?


Beberapa peneliti dari Taiwan menyatakan bahwa ternyata, aromaterapi bisa meningkatkan kadar polusi udara yang dapat menyebabkan iritasi mata dan gangguan saluran pernapasan. Mereka mengecek bahaya aromaterapi dari sampel udara yang diambil di beberapa tempat spa yang menyajikan penggunaan minyak esensial.

Perlu anda ketahui bahwa aromaterapi berasal dari minyak esensial yang berasal dari tanaman tertentu. Nah tanaman-tanaman tersebut selanjutnya akan melepaskan berbagai senyawa organik yang mudah menguap di udara. Ketika senyawa ini bereaksi dengan laipsan ozon, maka muncullah SOA (secondary organic aerosols) yang sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama gangguan saluran pernapasan dan iritasi mata.


Mereka juga mengamati dan melakukan percobaan untuk mengetes tingkat SOA dari penggunaan minyak esensial ini di beberapa spa. Hasilnya, anda sebaiknya hati-hati memilih spa. Karena beberapa spa dengan tata letak dan ventilasi yang buruk bisa meningkatkan tingkat polusi udara dari aromaterapi yang digunakan yang bisa membahayakan kesehatan.

Meski demikian, anda tidak perlu khawatir pada obat atau pengharum ruangan dengan tambahan aromaterapi. Asalkan penggunaannya sesuai dan tidak digunakan di ruang tertutup.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More