Rabu, 09 November 2011

Haid Tersendat Belum Tentu Mandul

Ilustrasi ibu hamil.

 















Siklus haid yang tidak teratur bisa jadi salah satu penanda kurang subur seseorang.
Siklus haid yang tidak teratur bisa jadi salah satu penanda kurang subur seseorang. Tapi bukan berarti tidak subur dan tidak bisa mendapatkan keturunan. Tidak teraturnya siklus haid menunjukkan kondisi hormonal kita tidak stabil, dan ini perlu diterapi sesegera mungkin supaya ketika kita sudah menginginkan keturunan, bisa kita dapatkan dengan segera.
Salah satu tanda-tanda kehamilan adalah tidak mendapatkan haid. Tapi kalau sudah berbulan-bulan tidak haid, orang tidak bisa mengatakan seseorang hamil atau tidak karena memang dari awal kondisinya seperti itu.
Ada bagusnya kalau kita stabilkan hormonalnya dan menggunakan alat KB yang non-hormonal supaya tidak terganggu lagi. Dokter bisa mengevaluasi dengan baik apakah perempuan tidak haid karena kondisi hormonal tubuh atau karena pengaruh obat KB.
Ada perempuan yang mengkonsumsi obat KB tidak haid, dan ada juga yang haidnya sekedar bercak saja. Mereka yang menggunakan KB suntik mayoritas tidak mendapatkan haid, kalau pun ada hanya sekedar bercak saja.
Bagaimana agar haid lancar? Ada caranya sepeti minum jamu beras kencur. Bahannya jahe, kencur, cengkeh, sereh, kedawung, keningar, kapulaga. Jahe dan kencur dikupas, dicuci dan diiris, tumbuk sampai halus. Tambahkan bahan lain, lanjutkan penumbukan.
Beras disangrai, masukkan ke dalam campuran yang sudah ditumbuk. Dalam campuran, tambahkan air gula sedikit demi sedikit. Peras campuran dengan kain bersih, hasil perasan ditambah air secukupnya. Minum 2 kali seminggu satu gelas. Jangan membeli ramuan yang sudah jadi agar anda pasti akan kualitas ramuan.
Dua kali seminggu minum ramuan jamu kunyit asam. Tumbuk kunyit dan memeras, selanjutnya ditambahkan air asam. Ramuan ini akan membantu mencegah peradangan dan rasa sakit pada saat haid

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More