Jumat, 04 November 2011

Kenali Musuh di Balik Makanan Favorit Anda (Dan Cara Mengatasinya)




ANDA tentunya punya makanan favorit. Sadarkah Anda bahwa pada umumnya makanan yang Anda sukai adalah makanan yang dianggap tidak baik untuk kesehatan? Agar dapat memperoleh manfaat tanpa terkena efek buruknya, Anda mesti pandai menyiasatinya.

PIZZA
Sisi baik :
Saus pizza mengandung banyak likopen, yaitu sejenis karotenoid yang ditemukan berkadar tinggi di pembuluh darah dan prostat pria dengan risiko kanker prostat yang rendah. Taburan keju di atasnya memberikan asupan kalsium yang cukup untuk membantu tulang yang kuat, menurunkan tekanan darah, dan menghambat kanker usus besar.
Sisi buruk:
Kandungan kalori pizza terhitung cukup besar. Sebuah pizza ukuran supreme mengandung kurang lebih 2000 kalori dan 60 gram lemak jenuh.
Saran:
Sebaiknya Anda membatasi pengkonsumsiannya dengan menyantap dua potong pizza vegetarian tipis yang hanya mengandung 300 kalori dan 2,5 gram lemak jenuh.

COKELAT
Sisi baik:
Cokelat, terutama dark chocolate, mengandung banyak flavonoid, yaitu antioksidan yang melindungi jantung dengan mencegah terjadinya penggumpalan di pembuluh darah. Cokelat susu sebenarnya juga bagus (cokelat dalam kemasan seberat 47 gram mengandung antioksidan sebanyak 155 gram anggur merah).
Sisi buruk:
Banyak mengkonsumsi cokelat akan membuat ukuran pinggang Anda semakin melebar. Cokelat ukuran 50 gram mengandung 250 kalori yang sudah memenuhi 10% lebih dari kebutuhan kalori wanita dalam sehari.
Saran:
Kalau Anda ingin menyantap cokelat setiap hari, konsumsilah hanya sejumlah 100 kalori. Cobalah dalam kemasan kecil. Kalau tiap bungkusnya mengandung 50 kalori, Anda bisa makan dua

ES KRIM
Sisi baik:
Selama pilihan Anda tepat, Anda akan mendapat asupan kalsium yang cukup banyak untuk menguatkan tulang dan membantu menurunkan tekanan darah Anda.
Sisi buruk:
Es krim memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi.
Saran:
Sebaiknya pilih yang mengandung 15% dari kebutuhan kalsium harian yang terdapat dalam setengah cup. Dengan demikian, kalau menyantap dya kali porsinya (satu cup), Anda akan mendapat cukup banyak asupan kalsium tanpa kandungan lemak yang terlalu besar.

KEJU
Sisi baik: Keju, kecuali jenis bebas lemak, mengandung sejenis lemak yang disebut conjugated linoleic acid (CLA), yang dapat melawan kanker payudara. Dan kalsium pekat yang terkandung di dalam keju (kalsium dalam 47 gram keju cheddar setara dengan 300 gram atau satu gelas susu) sangat bermanfaat bagi tulang. Selain itu, mengkonsumsi keju yang teksturnya keras setelah makan bisa melindungi gigi Anda.
Sisi buruk:
Mengandung lemak yang tinggi.
Saran:
Untuk mengurangi asupan lemaknya, batasi pengkonsumsian keju hanya 47 gram sehari

KACANG
Sisi baik: Beberapa penelitian menghubungkan kacang dengan menurunnya risiko penyakit jantung dan hidup yang lebih panjang. Meskipun sumber ’kesaktian’ kacang belum diketahui secara pasti, para peneliti menduga kandungan lemak tak jenuh tunggal, magnesium, tembaga, folat, protein, serat, dan vitamin E di daiamnya memiliki peran besar dalam hal tersebut.
Sisi buruk:
Makan banyak kacang bisa meningkatkan berat badan.
Saran:
Untuk mendapatkan manfaatnya tanpa membuat bobot Anda naik, coba konsumsi dua sampai lima porsi (satu porsi=satu genggam) seminggu. Lebih baik hindari kacang yang digoreng. Cobalah konsumsi kacang panggang

DAGING SAPI
Sisi baik:
Daging sapi adalah makanan yang sangat banyak mengandung zat besi, mineral perkunci yang membantu sistem pertahanan tubuh untuk melawan musuh, dari virus sampai kanker. Mendapat asupan zat besi yang cukup juga akan mempengaruhi nafsu makan, selera, dan penglihatan di malam hari.
Sisi buruk:
Meningkatkan berat badan dan kolesterol darah.
Saran:
Sebaiknya Anda membatasi asupannya hanya 93 gram (seukuran mouse komputer atau tern-pat sabun) sehari. Sebaiknya pilihlah yang tidak mengandung banyak lemak.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More