Jumat, 04 November 2011

Pantau Lemak dalam Diet Anda



TERLALU banyak lemak memang tidak baik - dapat mengakibatkan obesitas, memperbesar risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, batu ginjal dan beberapa jenis kanker. Selain itu, lemak/minyak memiliki dua kali lipat kalori lebih banyak daripada karbohidrat dan protein.
Beberapa fakta terkait dengan lemak yang perlu Anda perhatikan:
 
- Lemak lebih mudah berubah dan tersimpan sebagai lemak tubuh dibandingkan dengan karbohidrat dan protein.
 
- Karbohidrat yang melebihi kebutuhan tubuh bisa juga berubah dan tersimpan sebagai lemak tubuh khususnya pada wanita usia subur. Pada usia tersebut kelebihan lemak lebih mudah tersimpan di paha dan pantat
 
- Lemak tubuh umumnya tersimpan di bawah jaringan kulit (50%), sekeliling organ dalam rongga perut (45%) dan di jaringan intramuskuler (5%).
Namun demikian, bukan berarti Anda boleh menyingkirkan lemak sama sekali dari menu makanan Anda. Tubuh Anda tetap membutuhkan lemak - dalam batas-batas tertentu.

Asupan Lemak yang Disarankan
Yang disarankan oleh WHO (tahun 1990), asupan lemak adalah 15-30% dari kebutuhan energi total, dianggap baik untuk kesehatan. Di antara lemak yang dikonsumsi sehari-hari dianjurkan paling banyak 10% dari kebutuhan energi total berasal dari lemak jenuh dan 3-7% dari lemak tidak jenuh ganda.

Secara khusus, remaja aktif dianjurkan mengkonsumsi 40-80 gr lemak per hari dalam diet hariannya, sedangkan untuk wanita 30-60 gr, pria aktif 40-80 gr, dan bila Anda seorang pekerja keras atau atlet 80-120 gr.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More