Senin, 07 November 2011

Jahe Efektif Cegah Kanker Usus


 

Ada banyak rempah-rempah yang ternyata memiliki khasiat khusus untuk pengobatan. Salah satunya adalah jahe. Akar yang harum, pedas dan hangat ini ternyata mampu mengurangi resiko kanker usus atau colon cancer.

Jahe, seperti kita tahu, adalah salah satu bumbu dapur yang sering digunakan di dapur. Tapi para peneliti belakangan menemukan bahwa jahe ternyata sangat efektif untuk mengurangi inflamasi (penyumbatan) pada saluran pencernaan yang bisa berujung pada kanker usus.

Ternyata, jahe memang sudah digunakan sejak dahulu olah masyarakat untuk pengobatan. Misalnya di Cina dan India, jahe segar maupun kering dimanfaatkan untuk mengusir hawa dingin dan mengobati gangguan pencernaan. Selain itu, mereka juga menggunakannya untuk sakit kepala dan rematik.

Penelitian di Cina juga menyatakan bahwa minuman yang terbuat dari jahe segar ternyata dapat menurunkan sekresi lambung selama beberapa jam. Dengan demikian, jahe sangatlah bagus untuk saluran pencernaan kita.
Bagi yang nafsu makannya sedang turun, cobalah makanan atau minuman olahan jahe untuk meningkatkan nafsu makan anda. jahe akan merangsang metabolism tubuh menjadi lebih baik. Katanya juga, dengan metabolisme yang baik, seseorang akan jauh lebih awet muda.

Eh jangan lupa juga kalau ternyata ada beberapa jenis jahe yang sering dipakai untuk obat karena khasiatnya, yaitu jahe merah, jahe kuning dan jahe gajah. Masih asing? Jahe merah bentuknya kecil dan berwarna agak sedikit merah, rasanya juga sangat pedas, karena itu biasanya dijadikan bahan baku ramuan jamu. Jahe kuning dalah jahe yang sering kita pakai sehari-hari di dapur. Sedangkan jahe gajah adalah jahe berukuran besar yang biasanya laku di pasar internasional.

Wow, tidak disangka. Ternyata jahe yang harum itu banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.
Yuk kita makan wedang jahe!! Lho? Hehehe

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More