Selasa, 08 November 2011

Tampil PD dengan Gigi Sehat


Gigi yang sehat merupakan dambaan setiap manusia. Gigi yang sehat akan menimbulkan kesan percaya diri. Pastinya berbeda jika kita melihat senyum orang yang giginya bersih dan terawat dengan orang yang giginya kotor, banyak bercak kuning serta bau mulut. Orang orang akan cenderung meninggalkan orang yang memiliki bau mulut dn pergaulan.  Meskipun bentuknya kecil, namun fungsi gigi sangatlah diperlukan dalam proses makan, mengunyah dan berbicara. Kalau gigi sakit, maka anggota tubuh yang lain juga akan merasakan sakit seperti kepala pusing, demam bahkan sampai mual-mual. Namun sayangnya, banyak orang yang mengabaikan perawatan gigi, padahal menjaga kebersihan gigi dan merawatnya wajib hukumnya.  Oleh karena itu biasakanlah merawat kesehatan gigi sejak dini.
Tips Merawat Kesehatan Gigi :

1.        Rajin Sikat Gigi
Gosoklah gigi minimal 2 kali sehari. Menggosok gigi dengan sering juga tidak baik, misalnya 7 kali sehari. Itu malah merusak lapisan gigi. Gosoklah gigi sebelum tidur agar kuman kuman yang ada di dalam mulut tidak “terbawa tidur” oleh kita.

2.      Gunakan Dental Floss
Setelah gosok gigi, perlu memakai dental floss untuk membersihkan makanan yang masih menyelip di sela-sela gigi.

3.      Berkumur dengan Obat Kumur
Berkumur dengan obat kumur dapat mencegah kuman penyebab plak pada gigi dan gigi berlubang. Pilihlah obat kumur yang mengandung flouride dan tanpa alkohol agar tidak terasa perih di mulut.

4.      Ganti Sikat Gigi tiap 3 bulan sekali

5.      Hindari Makanan Manis
Bakteri mulut sangat senang dengan makanan manis. Oleh karena itu disarankan setelah makan makanan yang manis untuk banyak meminum air putih dan segera menyikat gigi.

6.      Hindari Makanan yang Terlalu Panas atau Terlalu Dingin
Makan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin dapt merusak sensivitas gigi serta membuat gigi cepat retak. Hendaknya biarkan makanan sesaat agar suhunya tidak terlalu panas atau terlalu dingin, lalu memakannya.

7.      Periksa ke Dokter Gigi 6 Bulan Sekali
Tujuannya adalah untuk mengetahui perkembangan gigi san gusi kita, apakah masih bagus atau perlu tindakan untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More